Resmi! Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan Jatuh pada 12 Maret 2024

Share this:
BMG
Menag Yaqut Cholil Qoumas menggelar konferensi pers Sidang Isbat Awal Ramadan 1444 H / 2023 M.

JAKARTA, BENTENGTIMES.com– Pemerintah secara resmi telah menetapkan 1 Ramadan 1445 Hijriah jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024. Keputusan itu ditetapkan setelah Kementerian Agama (Kemenag) menggelar pemantauan hilal di sejumlah daerah di Indonesia.

“Sidang Isbat secara mufakat telah menetapkan 1 Ramadan 1445 H jatuh pada hari Selasa 12 Maret 2024 Masehi,” ujar Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas, pada konferensi pers di Kantor Kemenag, Jakarta Pusat, Minggu (10/3/2024).

Sidang Isbat penentuan awal Ramadan 2024 itu melibatkan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama, dan dihadiri para duta besar negara sahabat, serta perwakilan ormas Islam.

Pria yang akrab disapa Gus Yaqut ini memahami bahwa ada perbedaan penetapan awal Ramadhan 1445 Hijriah. Meski demikian, diharapkan perbedaan itu bukan alasan untuk menjalani ibadah puas dengan khusyu.

“Mudah-mudahan dengan hasil sidang isbat ini seluruh umat Islam di Indonesia dapat menjalankan ibadah puasa dengan kekhusyukan,” kata Yaqut.

BacaPj Gubernur Hassanudin: Stok Pangan Jelang Ramadhan di Sumut, Aman

BacaSalut! Umat Non Muslim Ikut Berpartisipasi Pembangunan Musholla Al Hidayah di Siantar Sitalasari

Dia memastikan, perbedaan yang terjadi merupakan hal lumrah. Ia meminta semua pihak bisa saling menghormati perbedaan itu.

“Sekarang ini, kita ketahui bahwa ada beberapa perbedaan dan itu lumrah. Namun, kita harus tetap saling menghormati dan menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi, sehingga tercipta suasana kondusif,” tandas Yaqut.

Halaman Selanjutnya >>>

Share this: