Jokowi Ajak Bupati Walikota Menanam: Ciptakan Kemandirian Pangan, Penuhi Asupan Gizi!

Share this:
SETPRES/BMG
Presiden Joko Widodo berdialog dengan salahseorang ibu di sela-sela memberikan sambutan pada Acara Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 Tahun 2022, bertempat di Lapangan Merdeka, Kota Medan, Kamis (7/7/2022).

MEDAN, BENTENGTIMES.com– Presiden Joko Widodo menegaskan kepada seluruh masyarakat mengenai pentingnya menciptakan kemandirian pangan untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi generasi masa depan Indonesia. Hal itu mengingat ketidakpastian global yang terjadi, mengakibatkan ancaman krisis pangan dan energi akan berpengaruh kepada semua negara di dunia.

“Kemandirian pangan itu penting. Saya mengajak kepada seluruh bupati utamanya walikota untuk memanfaatkan lahan-lahan yang sekecil apapun untuk menanam, untuk berproduksi kebutuhan pangan sehari-hari. Penting jangan sampai ada lahan kosong. Manfaatkan untuk asupan gizi anak kita, karena kita tanam di manapun itu tumbuh, dan bisa kita panen,” kata Presiden Joko Widodo, dalam Acara Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 Tahun 2022, yang digelar di Lapangan Merdeka, Kota Medan, Kamis (7/7/2022).

Presiden mengajak seluruh masyarakat mendukung upaya penurunan angka kekerdilan (stunting) demi mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas. Dia menargetkan agar angka kasus stunting di Indonesia dapat turun menjadi 14 persen pada Tahun 2024.

“Saya mengajak seluruh kekuatan bangsa untuk bergerak bersama-sama, bekerja bersama-sama, bersinergi bersama-sama untuk menurunkan stunting dan seluruh akar masalahnya dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia, generasi penerus kita yang berkualitas. Betul-betul harus kita siapkan,” ujar Jokowi.

BacaKeluh Kesah Gubernur Edy Rahmayadi Dibikin Stres Jokowi saat Blusukan ke Pulau Nias

BacaDari Parapat Danau Toba, Wapres Ma’ruf Amin Dorong Kampanye Bumbu Tradisional Indonesia Mendunia

Jokowi meyakini bahwa dengan dukungan seluruh masyarakat, upaya penurunan angka stunting yang dilakukan pemerintah dapat segera tercapai, salahsatunya dimulai dengan menjaga kesehatan lingkungan keluarga.

“Jaga kesehatan lingkungan, baik di dalam keluarga maupun di lingkungan sekitar keluarga. Ini juga penting! Dan, saya yakin jika seluruh warga dan masyarakat kita bergerak, upaya penanganan stunting yang dilakukan pemerintah saat ini, pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kota kabupaten akan cepat membuahkan hasil,” ujar Jokowi yakin.

Presiden Joko Widodo tampak mengenakan pakaian adat etnis Sumatera Utara yaitu baju adat Toba dan diberikan tongkat ‘Balehat Raja’ dari Tokoh Masyarakat Sumut RE Nainggolan, saat mengunjungi Lapangan Merdeka dalam rangka menghadiri Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 Tahun 2022, Kamis (7/7/2022).

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana Joko Widodo dalam kegiatan itu, antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

BacaCerita Sigit Beradu Pandang dengan Jokowi Sebelum Diberi Jaket: Apa?

BacaJokowi Teken Perpres 15 Danau Prioritas Nasional, Ketua Dewan Pengarah Luhut

Lalu, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, dan Walikota Medan.

Share this: