Gunung Sinabung Meletus Lagi Dengan Ketinggian Kolom Sekitar 7000 M

Share this:
BMG-PELITA MONALD GINTING
Personel TNI melakukan pengamanan di sejumlah pos jaga pasca erupsi Gunung Sinabung, Minggu (9/6/2019) pukul 16.28 WIB.

KARO, BENTENGTIMES.com – Erupsi Gunung Sinabung terjadi lagi pada Minggu (9/6/2019) pukul 16.28 WIB dengan tinggi kolom abu sekitar 7.000 m di atas puncak (lebih kurang 9.460 m di atas permukaan laut).

Kolom abu teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal condong ke arah selatan. Badan Geologi PVMBG Pos Pengamatan Gunung Sinabung Armen Putra menerangkan, eruspsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi sekitar 9 menit 17 detik.

BACA: Sinabung Status Awas, Dilarang Lakukan Aktivitas di Lokasi-lokasi Ini

Armen Putra melanjutkan, terjadi awan panas ke arah tenggara sejauh 3,5 km dan selatan 3 km serta terdengar suara gemuruh sampai ke pos pengamatan.

Sambungnya lagi, saat ini Gunung Sinabung berada pada status Level III (siaga) dengan rekomendasi agar masyarakat tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Erupsi Gunung Sinabung yang tinggi kolomnya mencapai 7000 m, Minggu (9/6/2019) pukul 16.28 WIB.

Kemudian, jika ada hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak dari abu vulkanik. Masyarakat juga diimbau agar mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu agar tidak roboh.

BACA: Waspadai Peningkatan Volume Lahar Dingin Gunung Sinabung

Sementara, di sejumlah titik terlihat personel TNI-Polri masing-masing sektor siaga membantu warga bagikan masker dan menjaga portal di lokasi desa-desa yang sudah direlokasi.

Share this: