Desa Sifaoroasi Ulugawo Kabupaten Nias Resmi Jadi Kampung Pancasila

Share this:
ADI LAOLI-BMG
Bupati Nias, Ya'atulo Gulo, didampingi Wakil Bupati Nias Arota Lase dan Dandim 0213/Nias, Letkol Inf Torang Parulian Malau menggunting pita peresmian Kampung Pancasila Desa Sifaoroasi Ulugawo, Kecamatan Ulugawo, Kabupaten Nias, Provinsi Sumatera Utara, Senin (23/10/2023).

NIAS, BENTENGTIMES.com– Bupati Nias, Ya’atulo Gulo, didampingi Dandim 0213/Nias, Letkol Inf Torang Parulian Malau dan Wakil Bupati Nias Arota Lase, meresmikan Desa Sifaoroasi Ulugawo, Kecamatan Ulugawo, Kabupaten Nias, Provinsi Sumatera Utara, menjadi kampung Pancasila.

Peresmian Kampung Pancasila ini ditandai dengan pengguntingan pita serta penandatanganan prasasti oleh Bupati Nias, Wakil Bupati Nias, Dandim 0213 Nias. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan atraksi tari sekapur sirih oleh Karang Taruna Desa Sifaoroasi Ulugawo, bertempat di halaman kantor Desa Sifaoroasi Ulugawo, Senin (23/10/2023).

Danramil 03 Idanogawo, Letda Inf Maulana Yahya melaporkan pembentukan kampung Pancasila bertujuan untuk menjaga dan memelihara Pancasila sebagai ideologi Negara.

Dia mengatakan dengan terbentuknya Kampung Pancasila diharapkan dapat terwujud pengamalan Pancasila di tengah-tengah masyarakat, meningkatkan kesejahteraan, dan kemakmuran masyarakat, rukun, melestarikan nilai-nilai yang terkandung dalam butir Pancasila, sehingga masyarakat saling menghormati dan menghargai.

Kepala Desa Sifaoroasi Ulugawo, Yanuari Zai, dalam sambutannya mengungkapkan, pembentukan Kampung Pancasila di desanya merupakan binaan Koramil 03 Idanogawo dan Kodim 0213 Nias tentang pengamalan ideologi Pancasila. Dia berharap agar ke depannya Desa Sifaoroasi Ulugawo semakin maju dan bersedia untuk mendukung seluruh program-program Pemerintah Kabupaten Nias.

Sementara, Dandim 0213 Nias, Letkol Inf Torang Parulian Malau menyampaikan, apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pembentukan Kampung Pancasila ini. Menurutnya, hal ini sangat bermanfaat untuk lebih berinovasi dan berdampak langsung terhadap kesejahteraan masyarakat.

“Meskipun dalam keterbatasan, kita harus saling memahami dan tetap mendukung setiap program pemerintah,” ujar Letkol Inf Torang Parulian Malau.

BacaBupati Nias Utara Didesak Berhentikan PNS Rangkap Jabatan

BacaKeluh Kesah Gubernur Edy Rahmayadi Dibikin Stres Jokowi saat Blusukan ke Pulau Nias

Dalam arahannya, Bupati Nias Ya’atulo Gulo menyampaikan bahwa Pancasila adalah Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia yang harus dihidupkan di tengah-tengah masyarakat agar tidak mudah terpecah belah oleh Intoleransi, sehingga perlu didirikan Kampung Pancasila.

“Saya menginstruksikan agar tetap menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dalam bingkai Kebhinekaan agar tercipta masyarakat Kabupaten Nias yang aman, damai dan sejahtera,” ujarnya.

“Dengan memohon Berkat Tuhan Yang Maha Kuasa, Kampung Pancasila di wilayah Kecamatan Ulugawo saya resmikan, Salam Pancasila,” tutup Bupati Nias.

Dandim 0213/Nias, Letkol Inf Torang Parulian Malau disaksikan oleh Bupati Nias Ya’atulo Gulo, Wakil Bupati Arota Lase, dan Camat Ulugawo, menandatangani prasasti peresmian Kampung Pancasila Desa Sifaoroasi Ulugawo, Kecamatan Ulugawo, Kabupaten Nias, Provinsi Sumatera Utara, Senin (23/10/2023).

BacaJokowi Datang, 24 Km Jalan Lingkar Penghubung di Pulau Nias Bakal Dibangun

BacaKajari Gunungsitoli Didesak Serius Tuntaskan Kasus Korupsi

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Nias, Wakil Bupati Nias, Dandim 0213 Nias, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias, Asisten Sekda Kabupaten Nias, Para Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias, Unsur Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Nias, Danramil Idanogawo, Forkopimcam Ulugawo, Kepala UPTD Puskesmas se-Kecamatan Ulugawo, Camat Ulugawo, Kades se-Kecamatan Ulugawo, Perangkat Desa se-Kecamatan Ulugawo, Ketua BPD se-Kecamatan Ulugawo, Kepala Sekolah se-Kecamatan Ulugawo, para guru SMP/SMA/SMK se-Kecamatan Ulugawo, Tokoh Agama/Adat/Pemuda se-Kecamatan Ulugawo, Karangtaruna, Pramuka, dan Masyarakat Desa Sifaoroasi Ulugawo.

Share this: