Satgasus Tipikor Polri Turun ke Sumut, KP3 Diingatkan Awasi Distribusi Pupuk Subsidi!

Share this:
HO-Satgasus Pencegahan Korupsi Mabes Polri/BMG
Tim Satgasus Tipikor Mabes Polri saat melakukan pengecekan kios pupuk subsidi di wilayah Kabupaten Deli Serdang, Sumut, Jumat (18/11/2022).

DELI SERDANG, BENTENGTIMES.com– Satuan Tugas Khusus (Satgasus) Pencegahan Korupsi Mabes Polri mengecek langsung distribusi pupuk subsidi di wilayah Sumatera Utara. Langkah itu guna memastikan ketersediaannya mencukupi, dan penyaluran tepat sasaran, sesuai instruksi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Ketua Tim Satgasus Pencegahan Korupsi Mabes Polri, Hotman Tambunan, dalam keterangan pers, Jumat (18/11/2022), menyebutkan dalam pengecekan itu mereka bekerja sama dengan Polda Sumatera Utara.

Menurut Hotman, kepolisian daerah memiliki peran strategis dalam mengawasi pupuk subsidi agar tata kelolanya benar, tidak terjadi penyimpangan.

“Apalagi kasat reskrim masing-masing wilayah merupakan Anggota Komite Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) kabupaten/kota, sehingga peran aktif akan memperkuat pengawasan peredaran pupuk bersubsidi di wilayah,” sebut Hotman, dilansir dari antara.com.

Hal itu disampaikan Hotman Tambunan saat ketemu dengan Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Simanjuntak.

Dia menyampaikan KP3 wajib mengecek ketersediaan pupuk bersubsidi agar petani yang berhak mudah mendapatkan pupuk ketika dibutuhkan dalam mengerjakan lahan pertaniannya.

“Jika diperlukan KP3 juga dapat melakukan tindakan hukum terhadap penyelewengan pupuk subsidi yang mungkin terjadi, baik tingkat produsen, distributor, hingga kios-kios penyuplai pupuk subsidi,” kata mantan pegawai KPK itu.

BacaPetani ‘Teriak’ Pupuk Langka, Distributor CV Agri Mandiri Lempar Bola ke Produsen

BacaHarga Pupuk Melonjak Tinggi, Mangapul Purba Minta Pemerintah Segera Turun Tangan

Menanggapi hal itu, Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Simanjuntak mengatakan, komitmen Polda Sumut dalam mengawal distribusi pupuk besubsidi tepat sasaran dan memastikan tata kelola pupuk berjalan dengan baik.

Halaman Selanjutnya >>>

Ditemukan! Tempat Penyimpanan Pupuk Subsidi Tidak Sesuai Standar

Share this: