‘Jumat Bersih’ di Tanjungbalai, Diawali Pengajian Subuh Lanjut Gotong Royong

Share this:
TIUS SIAGIAN-BMG
Warga bergotongroyong membersihkan lingkungan dan drainase di sekitaran Masjid Jami', Kecamatan Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai, Jumat (10/9/2021).

TANJUNGBALAI, BENTENGTIMES.com– Kota Tanjungbalai kembali menggalakkan gotong royong untuk menjaga kelestarian lingkungan, terutama kebersihan permukiman warga. Warisan budaya nenek moyang itu dibangkit oleh Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Tanjungbalai Waris Thalib lewat kegiatan ‘Jumat Bersih’.

Seperti pada Jumat (10/9/2021) lalu, Waris melaksanakan Safari Jum’at dan Salat Subuh Berjamaah bersama OPD Pemko Tanjungbalai dan masyarakat di Masjid Jami’, Kecamatan Teluk Nibung. Waris menyempatkan diri turun langsung meninjau kondisi drainase dan lingkungan sekitaran Masjid Jami’.

Dalam kesempatan itu, dia mengajak masyarakat sekitar bersama-sama membersihkan saluran air dan lingkungan di kawasan Masjid Jami’ itu.

Kepada BENTENG TIMES, Waris menuturkan, setelah melihat kondisi drainase yang ada, maka perlu penanganan cepat dan segera, guna mengembalikan fungsi drainase tersebut sebagaimana mestinya.

Sebab jika tidak berfungsi, maka tidak saja akan mengganggu kebersihan tapi juga memberikan dampak yang lebih besar terhadap terjadinya luapan air, baik saat air laut sedang pasang maupun saat hujan.

Sehingga dapat mengganggu permukiman penduduk bahkan menyebabkan terjadinya kerusakan berat terhadap sarana infrastruktur yang ada.

BacaSaat Energi Terkuras Pandemi, RHS Hidupkan Kembali Tradisi Nenek Moyang, Perbaikan Jalan 162,5 Km Terkabul

BacaDjarot Instruksikan Gotong Royong Bangun Kantor DPC PDI Perjuangan Batubara

Oleh sebab itu, dia menegaskan, budaya gotong royong perlu digiatkan kembali. Menurutnya, gotong royong adalah salah satu upaya penting mencegah banjir di Kota Tanjungbalai, baik pada saat air laut sedang pasang maupun saat  hujan.

“Saya harap dukungan semua lapisan masyarakat menggiatkan kembali budaya gotong royong dan bersih-bersih lingkungan sekitar tempat tinggal masing-masing,” ujar Waris.

Disamping itu, Waris juga mengingatkan kembali bahwa dengan tidak membuang sampah sembarangan juga sudah turut menjaga kebersihan dari Kota Tanjungbalai.

Plt Walikota Waris Thalib meninjau kondisi drainase di sekitaran Masjid Jami’, Kecamatan Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai, Jumat (10/9/2021).

BacaAyo! Dukung Istana Peninggalan Kesultanan Kota Pinang Jadi Ikon Sejarah

BacaSalut! Masyarakat Lembah Sibayak Gotong Royong Pungut Sampah

Sebagaimana diketahui bahwa ‘Jumat Bersih’ dengan melakukan gotong royong setelah pengajian subuh adalah bahagian dari visi dan misi Pemko Tanjungbalai, dalam mewujudkan Tanjungbalai ‘Bersih’, yakni berprestasi, religius, sejahtera, indah, dan harmonis.

Share this: