Villa Puncak 2000 Karo Jadi Sorotan, Ada Dugaan Pencemaran Lingkungan

Share this:
ERIANTO PERANGINANGIN-BMG
Bersama warga meninjau saluran pembuangan air di kawasan bangunan Villa Puncak 2000 Kacinambun, Jumat (30/4/2021).

KARO, BENTENGTIMES.com– Saluran pembuangan air di kawasan bangunan Villa Puncak 2000 Kacinambun, Kecamatan Tigapanah, Kabupaten Karo, jadi sorotan publik.

Dinas Lingkungan Hidup, Unit Tipidter Polres Tanah Karo, Dinas Perizinan, Sat Pol PP, Dinas PUPR Bidang SDA dan perwakilan masyarakat asal dua desa, yakni Kuta Mbelin dan Singa, turun ke lokasi untuk melakukan peninjauan, Jumat (30/4/2021).

Kunjungan tersebut untuk menindaklanjuti laporan masyarakat Desa Kuta Mbelin dan Singa terkait dugaan adanya pencemaran terhadap saluran air bersih.

Selain belum mengantongi izin lingkungan dari Dinas Lingkungan Hidup, sejumlah bangunan ruko, villa, dan cafe yang ada di kawasan puncak 2000 juga diduga belum memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

BacaProjo Karo dan Warga Sukamaju Aksi Damai: Tangkap Mafia Tanah dan Perambah Hutan

Hal itu diakui Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Karo Radius Tarigan. Menurut laporan warga, kata Radius, saluran air bersih yang dipergunakan warga dua desa tersebut sudah tercemar limbah sampah rumah tangga dan material tanah.

BacaHadir di Karo, Walantara: Kalau Ada Pengrusakan Lingkungan, Lapor ke Kami!

Radius berjanji akan menindaklanjuti pengaduan masyarakat tersebut hingga tuntas.

“Dalam waktu dekat, kita akan membawa sampel air dari lokasi untuk dilakukan uji labolatorium soal kandungan zat yang ada di saluran air bersih milik warga,” kata Radius.

Bersambung ke halaman 2..

Share this: