Arman Depari, Jenderal Polisi asal Berastagi Ditunjuk jadi Komisaris PT Pelindo I

Share this:
BMG
Irjen Pol Arman Depari, Deputi Bidang Pemberantasan BNN.  Jenderal polisi berambut gondrong ini lahir dan tumbuh besar di Berastagi, Kabupaten Karo.  

JAKARTA, BENTENGTIMES.com– Tanah Karo patut berbangga. Salahsatu putra terbaiknya Arman Depari ditunjuk jadi komisaris PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I. Selain jenderal polisi bintang dua itu, satu lagi putra Tanah Karo mendapat kepercayaan sebagai komisaris PT Pelindo I adalah Ahmad Perwira Mulia Tarigan.

Arman Depari, putra kelahiran Berastagi, 1 Agustus 1962, ini mengenyam pendidikan, mulai dari sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA) di kota Berastagi. Ia alumni SMAN 1 Berastagi tahun 1981. Dan, dia lulus pendidikan Akpol tahun 1985.

Arman Depari berpengalaman dalam bidang reserse. Dia juga ikut membantu dan memberikan informasi hasil penyelidikan kepada Tim Dit Serse Polda Metro Jaya, untuk mengungkap pelaku Bom Bali 1 yang menangkap teroris Imam Samudra di Pelabuhan Merak, Banten, pada 21 November 2002.

Lalu sejak 1 Januari 2016, ia mengemban amanat sebagai Deputi Bidang Pemberantasan BNN.

Khawatir Penyelundup Narkoba Makin Merajalela

Deputi Bidang Pemberantasan BNN Irjen Pol Arman Depari saat memeriksa barang bukti daun ganja kering, Selasa (18/2/2020) lalu. Dalam pengungkapan itu, BNN berhasil menggulung jaringan narkoba antar provinsi, Aceh-Jakarta dan menyita truk bermuatan 500 bungkus berisi daun ganja kering dengan berat 1 ton.

Banyak pihak menilai, kepindahan jenderal polisi berambut gondrong ini ke PT Pelindo I dikhawatirkan mempengaruhi kinerja Badan Narkotika Nasional (BNN). Kinerja jenderal bintang dua yang menjabat Deputi Pemberantasan BNN itu dinilai masih diperlukan memberantas peredaran narkoba di Indonesia.

Selama di BNN, banyak upaya penyelundupan yang digagalkan, banyak juga bandar yang ditindak selama ini  di bawah kepemimpinan Arman Depari.

Pengalaman nyaris 20 tahun menangani kejahatan tindak pidana narkoba membuatnya sangat paham cara kerja para gembong narkoba. Kiprah jenderal berambut gondrong itu pun terbilang moncer sejak memimpin Dir Tipid Narkoba Bareskrim Polri hingga BNN sekarang.

Bisa dibilang, sampai sekarang belum ada yang bisa menggantikan sosok Arman Depari dalam upaya pemberantasan narkotika di Indonesia. Selain tak kenal ampun terhadap gembong narkoba, Arman Depari juga dinilai gencar memberantas peredaran narkoba di tempat hiburan malam.

Share this: