Cegah Corona, Pemkab Karo Siapkan 3.500 Liter Bahan Baku Disinfektan

Share this:
ERIANTO PERANGINANGIN-BMG
Bupati Karo Terkelin Brahmana, didampingi Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Karo Martin Sitepu melakukan penyemprotan desinfektan di seputaran Gedung DPRD Karo, Jumat (20/3/2020).

KARO, BENTENGTIMES.com– Pemkab Karo telah menyiapkan bahan baku disinfektan sebanyak 3.500 liter. Penyemprotan disinfektan akan dilakukan ke seluruh tempat-tempat keramaian, untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Menurut Ir Martin Sitepu, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Karo, bahan baku disinfektan sebanyak 3.500 liter, diperkirakan cukup untuk memenuhi kebutuhan penyemprotan di seluruh tempat-tempat keramaian di Kabupaten Karo. Martin menuturkan, penyemprotan akan dilakukan untuk 14 hari kedepan.

“Bahan ini (3.500 liter disinfektan) cukup,” kata Martin, saat mendampingi Bupati Karo melakukan penyemprotan disinfektan perdana di Kantor DPRD Karo, Jumat (20/3/2020), sekira pukul 15.30 WIB.

Masih kata Martin, untuk menjamin ketersediaan air untuk penyemprotan disinfektan, Pemkab Karo telah menyediakan dua unit mobil pemadam kebakaran (damkar). Siang itu, kata Martin, petugas dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Karo telah melakukan penyemprotan ke sejumlah kantor layanan publik, seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Dinas Pertanian, Kantor Camat Kabanjahe, dan Ruang Terbuka Hijau di Kabanjahe.

“Penyemprotan ini akan berlanjut setiap hari. Lokasinya berpindah-pindah untuk mencegah penyebaran virus corona,” imbuh Martin.

Amatan BENTENG TIMES, Terkelin Brahmana selaku penasehat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Karo langsung turun tangan memimpin penyemprotan disinfektan di Kantor DPRD Karo. Turut mendampingi, Anggota DPRD Rapi Ginting, Kasatpol PP Hendrik Philemon Tarigan, Sekretaris DPRD Karo Petrus Ginting, Kadis Dukcapil Susi Iswara br Bangun, Kabag Ops Polres Tanah Karo, Pasi Ops Dim 0205/TK.

“Kita langsung action. Ini bukti nyata perang melawan corona,” kata Terkelin yang sore itu mengenakan masker.

BacaPulang dari Manado, Satu Anggota DPRD Sumut PDP Corona, Diisolasi di RS Adam Malik

Dalam kesempatan itu, Terkelin kembali mengimbau masyarakat Karo agar jangan panik, terlalu khawatir, dan tetap tenang. Ia juga mengingatkan masyarakat agar membatasi ruang gerak di luar. Menurutnya, jika tidak terlalu penting, sebaiknya beraktivitas di rumah saja, jauhi keramaian, jaga kebersihan, dan makan makanan bervitamin.

Dia juga menyampaikan bahwa Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sudah membentuk kerjasama dengan Dinas Kominfo Karo, dengan memanfaatkan media command center, sebagai posko pusat menampung informasi terkait penanganan virus corona.

“Kalau ada hal-hal menonjol yang diketahui masyarakat, segera sampaikan,” pesan Terkelin.

BacaAntisipasi Virus Corona, BRI Kabanjahe Cek Suhu Tubuh Nasabah

Anggota DRPD Karo Rapi Ginting mengapresiasi tindakan Bupati Karo Terkelin Brahmana turun langsung memimpin penyemprotan disinfektan. Menurut Rapi, sikap Terkelin menunjukkan jika Pemkab Karo serius menghadapi wabah corona sehingga masyarakat tidak resah.

Share this: