Program Rujuk Balik, Pilihan Tepat Penderita Penyakit Kronis

Share this:
BMG
Roni Purba didampingi istrinya Maria di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Kabanjahe, Senin (31/12/2019) pagi

KARO, BENTENGTIMES.com– Roni Purba (58) dan istrinya Maria (56) terlihat duduk mengisi formulir diantara keramaian dan kesibukan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Kabanjahe, Senin (31/12/2019) pagi. Sang istri terlihat berkali-kali menoleh ke arah sang suami sambil membenarkan posisi duduknya. Hal ini menarik perhatian wartawan untuk melakukan wawancara.

Maria, istri Roni Purba telah menderita penyakit stroke sejak Agustus 2015. Ketika itu pulang bekerja, ia mendapati suaminya sudah tidak dapat menggerakkan sebagian anggota badannya. Sang suami sempat mendapat rawat inap di RSUD Kabanjahe selama lebih kurang dua minggu. Sejak itu, Roni harus kontrol ke rumah sakit setiap minggunya untuk mendapatkan obat.

Hal ini tentu dirasakan berat oleh mereka berdua dikarenakan kondisi Roni yang memang belum kembali seperti sediakala.

“Untuk bicara saja suami saya masih sulit, kasihan ia kalau setiap minggu harus berjalan keluar rumah,” ucap Maria.

Sejak sang suami terkena stroke, Maria memutuskan berhenti bekerja sebagai tukang kebun di ladang.

“Sejak suami saya sakit, saya harus merelakan pekerjaan saya sebagai peladang demi merawat dan membawa suami saya ke rumah sakit,” ujarnya.

Beruntung, atas saran dokter yang menangani suaminya saat itu, Roni dimasukkan ke dalam Program Rujuk Balik (PRB) BPJS Kesehatan. Program ini dikhususkan bagi penderita penyakit kronis yang sudah stabil seperti Roni. Ia akan mendapatkan obat untuk satu bulan dalam sekali pengambilan.

BacaDukung JKN-KIS dengan Pola Hidup Sehat

Ini sangat meringankan beban Maria karena untuk pengambilan obat dapat diwakilkan olehnya mengingat kondisi sang suami yang tidak memungkinkan. Jadwal kontrol ke RS pun menjadi 3 bulan sekali sehingga Roni tidak perlu bolak bolik ke Rumah Sakit. Maria sangat bersyukur dengan adanya Program Rujuk Balik ini, ia dapat kembali bekerja sembari merawat Roni.

“Puji Tuhan, sejak suami saya masuk PRB, waktu saya menjadi lebih fleksibel. Sekarang, saya dapat bekerja kembali di sela-sela waktu saya merawatnya,” ujar Maria.

BacaUntuk Menjamin Kesehatannya, Bersih br Ginting Pilih JKN-KIS

Harapan Maria untuk Program JKN-KIS BPJS Kesehatan dan Pogram Rujuk Balik (PRB) khususnya, dapat terus berjalan sehingga orang-orang yang menderita penyakit kronis dan sudah stabil seperti suami saya tidak perlu harus mengantri dan menunggu lama di Rumah Sakit untuk mendapatkan obat.

Share this: