Arus PLN Sering Padam Saat UNBK Berlangsung di SMP Negeri 1 Gido

Share this:
ADI LAOLI-BMG
Para siswa SMP Negeri 1 Gido, tetap semangat mengerjakan soal-soal UNBK, meskipun arus listrik PLN sering padam, Kamis (25/4/2019).

NIAS, BENTENGTIMES.com– Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMP Negeri 1 Gido, Desa Hiliweto, Kabupaten Nias, berjalan lancar, walau sempat diwarnai beberapa kali pemadaman arus PLN. Seluruh siswa-siswi bisa mengikuti UNBK hingga selesai.

“Secara nasional pelaksanaan UNBK selama 4 hari berturut-turut (mulai 22-25 April). Kita di Kabupaten Nias, hanya dua sekolah yang mampu melaksanakan UNBK ini; SMP Negeri 1 Gido dan SMP Negeri 1 Somolo-molo. Tahun ini, pertama kali kita melaksanakan,” ujar Kepala SMPN 1 Gido Torozatulo Zega, kepada BENTENG TIMES, di kantornya, Kamis (25/4/2019).

Torozatulo menyampaikan, beberapa kendala yang dihadapi siswa-siswi selama pelaksanaan UNBK, selain listrik yang sering padam, juga fasilitas lainnya seperti kekurangan komputer. Sehingga pihak sekolah terpaksa meminjam laptop para murid dan laptop guru.

“Setiap hari ada sampai tiga kali listik PLN mati. Sekolah kita belum ada genset. Memang tidak lama hanya sekitar 20 menit, namun itu sangat berpengaruh kepada siswa dalam mengerjakan soal ujian, mereka rugi waktu,” ujarnya.

BacaUNBK di SMAN 1 Gido, Pihak Sekolah Pinjam Laptop Siswa

BacaListrik PLN Sempat Padam, UNBK di SMKN 1 Sogaeadu Nias Lancar

Menurut Torozatulo, sebelum pelaksanaan UNBK, pihak sekolah telah mengajukan permohonan kepada PLN untuk menyediakan genset. Namun hingga hari terakhir pelaksanaan UNBK, surat itu tak berbalas.

“Jauh hari sebelumnya kita sudah surati PLN, agar bersedia meminjamkan gensetnya selama pelaksanaan UNBK. Kita juga siap membayar sewa, tapi belum ada balasan dari PLN,” sesal Torozatulo.

Share this: