Basmi Preman di Medan Timur, 14 Pelaku Pungli Diamankan

Share this:
BMG
Sedikitnya 14 pelaku pungli diamankan dari wilkum Polsek Medan Timur, Sabtu (12/6/2021).

MEDAN, BENTENGTIMES.com– Tim Kepolisian Sektor (Polsek) Medan Timur menggelar Operasi Premanisme dan Pungutan Liar di sejumlah lokasi, Sabtu (12/6/201). Dari operasi itu, personil menjaring 14 pelaku pungutan liar (pungli) dan premanisme di wilayah hukum Polsek Medan Timur.

Kapolsek Medan Timur Kompol M Arifin mengatakan, operasi yang dilaksanakan menindaklanjuti instruksi Kapolri  Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, tentang penindakan aksi premanisme dan pungli di Kota Medan.

“Operasi ini sesuai STR Kapolri Nomor: 463/VI/PAM.3.2/2021, tanggal 11 Juni 2021 tentang penindakan premanisme dan pungli,” kata Arifin.

Dalam operasi itu, Arifin mengungkapkan personel mengamankan 14 orang karena melakukan pungli kepada masyarakat saat berada di tempat umum.

“Mereka yang kita amankan ini berprofesi sebagai juru pakir (jukir) liar, anggota OKP. Modusnya, mereka meminta sejumlah uang kepada masyarakat,” ungkapnya.

BacaAksi Brutal Preman di Danau Lau Kawar, Wisatawan Dikeroyok, Pelaku Teriak Bakar

BacaRemaja Asal Hamparan Perak yang Hanyut Itu Ditemukan di Sungai Belawan

Arifin menambahkan, dari 14 orang yang diamankan turut disita barang bukti uang tunai sebesar Rp154 ribu hasil tindak pungutan liar.

Saat ini, penyidik masih melakukan pendataan dan pemeriksaan terhadap 14 orang yang diamankan tersebut. Apabila nantinya ditemukan adanya unsur tindak pidana akan diproses secara hukum.

BacaKisah Anton Medan: Tak Diterima Keluarga, Merantau, Jadi Preman Hingga Akhirnya Mualaf

BacaModus Baru Penyelundupan Ganja, Dibungkus Asam Gelugur, Dikirim Via JNE

Namun, jika tidak ditemukan adanya tindak pidana maka dilakukan pembinaan dengan membuat surat pernyataan tidak mengulangi kembali perbuatannya.

“Dengan dilakukannya Operasi premanisme dan pungli ini masyarakat dapat menjalankan seluruh aktivitasnya dengan rasa aman dan nyaman,” pungkas Arifin.

Share this: