Puting Beliung Melanda Kota Medan, 63 Rumah Rusak

Share this:
Puting beliung serta hujan deras yang melanda Kota Medan, hingga menyebabkan rumah rusak dan sejumlah lokasi digenangi banjir, seperti di Jalan Dr Mansur.

MEDAN, BENTENGTIMES.com – Hujan deras dan angin puting beliung melanda Kota Medan, mulai Minggu (8/7/2018) malam hingga Senin (9/7/2018) ini yang mengakibatkan kerusakan puluhan rumah.

Informasi dihimpun, sebanyak 63 rumah yang mengalami kerusakan. Kondisi terparah terjadi di Kecamatan Medan Marelan, dimana ada 40 unit rumah yang rusak karena diterjang puting beliung. Selain itu, sejumlah pohon juga tumbang di beberapa titik.

Dan, dari jumlah tersebut, sesuai pernyataan Manager Pusdalops Badan Penanggulangan Bencara Daerah (BPBD) Kota Medan M Yunus, lima di antaranya mengalami kerusakan cukup parah.

(BACA: Kota Medan Dilanda Puting Beliung, Pohon Tumbang Timpa Mobil dan Rumah di 8 Lokasi Ini)

“Sementara untuk pohon yang tumbang ada di sembilan titik. Pohon tumbang juga menimpa tiga unit mobil. Hingga saat ini BPBD Medan sedang melakukan evakuasi terhadap beberapa pohon yang tumbang,” ujar M Yunus.

Hingga saat ini, petugas BPBD dan Dinas Pertamanan Kota Medan masih melakukan evakuasi dan pendataan.

Selain itu, sejumlah lokasi juga tergenang banjir, seperti di Jalan Jamin Ginting, Jalan Ngumban Surbakti Sempakata, Jalan Ayahanda dan Jalan Dr Mansyur. “Kami masih melakukan pendataan. Tim masih berada di lapangan untuk melakukan evakuasi,” tandasnya.

(BACA: Hujan Es Sebesar Biji Salak Melanda Simalungun, Rumah dan Tanaman Warga Rusak)

Pantauan di Jalan Dr Mansyur, puluhan kendaraan mogok karena memaksakan melintasi banjir yang tingginya mencapai lutut orang dewasa.

Sementara, berdasarkan informasi prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah 1 Medan, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih berpotensi terjadi di Wilayah Labuhanbatu, Asahan, Tanjungbalai.

Hujan juga diprediksi dapat meluas ke Wilayah Batubara, Serdang Bedagai, Tebingtinggi, Karo, Dairi, Pakpak Barat, Humbahas, Simalungun, Siantar, Samosir,Tobasa, Labura, Labusel, Langkat, Binjai, Medan, Deli Serdang dan sekitarnya.

Share this: