Tol Tebing Tinggi-Parapat Via Saribudolok, Beroperasi 2020

Share this:
BMG
Peta jalur Tol Tebing Tinggi-Siantar-Parapat.

JAKARTA, BENTENGTIMES.com– Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah memulai proses pembangunan Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi hingga ke Parapat Danau Toba, di Sumatera Utara, dengan target beroperasi 2020 mendatang. Pembangunan Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat, ini terdiri dari enam seksi.

Seksi 1 Tebing Tinggi-Indrapura, Kabupaten Batubara, sepanjang 20,4 km, Seksi 2 Indrapura-Kuala Tanjung, Kabupaten Batubara sepanjang 15,6 km.

Lalu, Seksi 3 Tebing Tinggi-Serbelawan, Kabupaten Simalungun sepanjang 30 km, Seksi 4 Serbelawan-Pematangsiantar sepanjang 28 km, Seksi 5 Siantar-Saribudolok, Kabupaten Simalungun, dan Seksi 6 dari Saribudolok ke Parapat, Kabupaten Simalungun.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, dengan terbangunnya akses jalan ini, maka akan meningkatkan akselerasi pengembangan destinasi wisata seperti ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba.

“Akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan wisata,” ujar Basuki Hadimuljono, dalam sebuah keterangan tertulis, Jumat (2/8/2019).

Proses pembangunan jalan tol Tebing Tinggi-Siantar.

Dijelaskan, Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat sepanjang 143,5 Km merupakan lanjutan dari Jalan Tol Medan–Kualanamu–Tebing Tinggi (MKTT) sepanjang 61,72 Km.

Sebelumnya, Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi telah selesai dan terhubung dengan Jalan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera).

BacaPembangunan Jalan Tol akan Dilanjutkan Hingga ke Siantar

BacaRapat di Kementerian PUPR, Terkelin Usul Pembangunan Tol Medan-Berastagi

Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian PUPR Hadi Sucahyono menambahkan, dengan dibangunnya Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat, maka akan dapat memperbanyak aksesabilitas ke Danau Toba, sehingga para wisatawan mempunyai banyak pilihan jalur transportasi, mulai dari moda transportasi udara, laut, dan darat.

“Nantinya, untuk ke Danau Toba bisa melalui dua bandara yang ada, Kualanamu di Deliserdang dan Silangit. Dengan adanya jalan tol dari Medan dapat menghidupkan perekonomian daerah yang dilalui hingga Parapat, wisatawan mungkin mau lihat sesuatu di Tebing Tinggi,” ucap Hadi.

Share this: