Manfaat JKN-KIS Bagi Rosna br Karo, Selain Jaminan Kesehatan di Kala Sakit, Juga Pahala

Share this:
PELITA MONALD GINTING-BMG
Rosna br Karo (sebelah kiri), peserta JKN-KIS sejak 2014 lalu.

KARO, BENTENGTIMES.com– Salut buat Rosna br Karo. Pemahaman ibu rumah tangga berusia 55 tahun ini terhadap Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) bukan lagi sekadar memberikannya jaminan di kala sakit. Bagi Rosna, program JKN-KIS merupakan wadah baginya untuk menuai pahala.

Sudah empat tahun Program JKN-KIS menjadi jaminan kesehatan masyarakat di seluruh Indonesia. Program ini pun telah banyak mengalami perubahan yang tak lain bertujuan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada setiap peserta JKN-KIS.

Rosna br Karo, salah seorang peserta JKN-KIS dari segmen Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) yang telah terdaftar sejak pertama kali di PT Askes yang bertransformasi menjadi BPJS Kesehatan pada Januari 2014 lalu.

“Saya sudah terdaftar menjadi peserta JKN-KIS sejak 2014 lalu. Dari awal niat saya mendaftarkan diri dan keluarga saya adalah selain jaminan kesehatan di kala sakit, juga sebagai tempat kami menuai pahala,” ujar ibu dari empat orang anak ini.

BacaBahagianya Peserta JKN-KIS Saat Dikunjungi Duta BPJS di Rumah

Rosna paham betul bahwa iuran yang dibayarkan setiap bulannya itu akan digunakan untuk menolong orang lain yang sedang sakit. Dan, dia menganggap iurannya itu sebagai ladang amal baginya untuk membantu orang lain.

“Banyak yang mempertanyakan iurannya dikemanakan jika ia tidak sakit. Saya kalau dengar orang ngomong gitu langsung kesal. Ya, digunakan untuk membantu yang lain yang sedang sakit lah. Toh kalau dia sakit, biayanya itu juga dari iuran orang lain. Seperti slogan BPJS Kesehatan, dengan gotong royong semua tertolong,” ujar Rosna.

BacaLasmaria br Sitanggang, Janda Pengidap Lever yang Tertolong Berkat JKN KIS

Rosna yang memiliki hati mulia itu juga berharap agar semakin banyak masyarakat yang tulus membayar iuran setiap bulan.

“Anggap saja itu seperti sedekah. Tidak peduli berapa besarnya, asalkan kita ikhlas dalam memberi, Insya Allah akan dibalas oleh Allah SWT. Bisa berupa kesehatan maupun pahala yang akan kita tuai di akhirat nanti,” tutup Rosna.

Share this: