Antisipasi Booming Pasca Pandemi, Djarot Bahas Hambatan Pariwisata Sumut

Share this:
BAGINDA GORBY SIREGAR-BMG
Ketua Badan Pengkajian MPR RI Djarot Saiful Hidayat saat berbicara di hadapan para pelaku industri pariwisata yang tergabung dalam Forum Pariwisata Kabupaten Langkat, Minggu (8/8/2021).

Menurut Djarot, seluruh kawasan wisata harus memiliki roadmap yang dapat dijadikan pedoman dalam 10 tahun ke depan. Sehingga Presiden, Gubernur Bupati, dan Wali Kota memiliki pegangan dalam pembangunan sektor wisata.

“Seperti kawasan Bahorok yaitu Bukit Lawang ini. Kita harus siapkan roadmap-nya, bagaimana agar wisatawan mancanegara dan lokal datang ke sini. Baik dari sisi narasi, pemasaran di media dan tata kelolanya,” tambahnya.

Kawasan Bahorok, kata Djarot, tak hanya memiliki keindahan alam namun memiliki buah-buahan andalan seperti durian, manggis, dan duku.

“Di Jawa dikenal durian Medan, padahal banyak varietas durian di Sumut, seperti Durian Bahorok, Marike, Tiga Lingga hingga Nias,” sebutnya.

BacaZiarah ke Makam Datok Landak, Djarot Berdoa Semoga Sumut Makmur dan Damai

BacaJelajah Puncak Akui Langkat dan Dinginnya Air Lau Kulap Jadi Daya Tarik Penggila Trail

Tak hanya itu, kata Djarot, ketersediaan sarana dan prasarana MCK seperti toilet sangat diperlukan pada area wisata.

“Maaf ya, toilet juga harus diperhatikan. Saya dalam perjalanan ke Bukit Lawang sini, agak sulit mendapatkan toilet. Padahal, ketersediaan toilet itu sangat penting, bagi para pelancong. Kebersihannya juga harus dijaga,” imbuhnya.

Bersambung ke halaman 4..

Share this: