Benteng Times

Menparekraf Sandiaga Uno ke Danau Toba: Apakah Berbasis Wisata Halal atau…?

Menparekraf Sandiaga Uno didampingi Sekda Kabupaten Toba Audi Murphy Sitorus, Kadis Pariwisata Toba Jhon Piter Silalahi, Kadis Koperindag Tua Pangaribuan saat berkunjung ke Kawasan Danau Toba.

TAPUT, BENTENGTIMES.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan pertamanya ke Kawasan Danau Toba, Rabu (30/12/2020). Saat berada di bukit Hutaginjang, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sandiaga mengaku takjub akan keindahan danau vulkanik terbesar di dunia ini.

“Huta Ginjang merupakan situs pertama yang saya kunjungi, dan ini merupakan suatu anugerah,” ungkap mantan Calon Wakil Presiden RI ini.

Baca: Sandiaga Uno ke Danau Toba Akhir Tahun Ini, Luhut dan Menlu China Menyusul di Awal Tahun

Baca: Kapolda Sumut Dorong Pemerintah Daerah Bangkitkan Pariwisata Danau Toba

Sandiaga Uno juga mengungkapkan langkah-langkah yang akan ditempuh di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Katanya, Pemerintah Indonesia menyiapkan program-program untuk membangkitkan kembali dunia pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia, khususnya di Danau Toba.

“Jadi kita akan all out, gerak cepat. Kita akan siapkan secara detail langkah-langkah ke depan agar Danau Toba ini menjadi suatu ikon,” kata Sandiaga.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menjelaskan, membangun Danau Toba menjadi pariwisata prioritas di Tanah Air ini harus bekerja sama dan berkolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan masyarakat guna menggerakkan sektor pariwisata saat ini.

“Sengaja dipilih ke destinasi superprioritas di Danau Toba ini. Oleh karena saya bersama Forkopimda agar berkoordinasi, karena kita tidak bisa bekerja sendirian, dan kita merangkul kabupaten dan provinsi. Karena pilar kita membangun ke depan adalah inovasi adaptasi dan kolaborasi,” ungkap Sandiaga.

Baca: Dukung Wisata Halal Danau Toba, Asal..

Baca: Resmi, Presiden Jokowi Lakukan Reshuffle! Ini 6 Menteri Baru di Kabinet Indonesia Maju

Lalu, pariwisata berbasis apakah yang akan difokuskan di Kawasan Danau Toba? Sandiaga mengatakan bahwa Danau Toba memiliki potensi wisata alam luar biasa serta kearifan lokal dan budaya yang mampu mendorong pariwisata danau terbesar di Asia Tenggara lebih baik ke depannya.

“Huta Ginjang ke depan memiliki satu sinkronisasi dengan kebijakan di sini. Kami hadir untuk berkolaborasi perintah Bapak Presiden. Sangat jelas bahwa di sini adalah pariwisata berbasis keindahan alam dan Bapak Presiden minta disiapkan misalnya ini ulosnya, busananya warnanya apa, sport tourism-nya. Dan itu yang menjadi fokusnya,” tutur Sandiaga.

Exit mobile version