Ramai Pelancong Balik Kanan dari Tongging Danau Toba, Relawan Sampai Kewalahan

Share this:
PELITA MONALD GINTING-BMG
Para wisatawan lokal tampak tertahan di depan portal pintu masuk kawasan objek wisata Desa Tongging, Kecamatan Merek, Karo, Minggu (14/6/2020).

TONGGING, BENTENGTIMES.com– Informasi tentang perpanjangan penutupan objek wisata di Tanah Karo belum banyak diketahui publik. Terbukti ada banyak pelancong dari berbagai daerah berbondong-bondong mendatangi Tongging, salahsatu objek wisata Tanah Karo di tepian Danau Toba.

Mereka sama sekali tidak tahu jika pemerintah setempat memperpanjang masa penutupan objek wisata di masa pandemi ini. Alhasil, mereka harus rela balik kanan. Padahal, para wisatawan itu sudah datang jauh-jauh dari daerah asalnya.

Salahsatunya Septian. Pemuda usia 22 tahun ini datang bersama rombongan dari Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang. Dia mengaku baru saja pulang dari camping dan berencana melanjutkan jalan-jalan ke Desa Tongging.

Namun apa daya, Septian dan rombongannya tidak diperbolehkan masuk ke kawasan objek wisata Desa Tongging.

“Tadinya, kami belum tahu ada penutupan. Tapi, kalau aturan sudah seperti ini, mau gak mau kami harus baleklah (balik kanan, red),” kata Septian, dengan raut wajah penuh kecewa, Minggu (14/6/2020), siang sekira pukul 11.00 WIB.

Amatan BENTENG TIMES, bukan hanya Septian dan rombongannya yang kecewa karena tidak diperkenankan masuk kawasan objek wisata Desa Tongging. Ada ratusan wisatawan lokal harus putar arah.

Sementara, para relawan Covid-19 Desa Tongging sampai kewalahan. Mereka harus berjibaku memberi pemahaman kepada para wisatawan yang ingin datang ke desa mereka.

“Sebagian ada yang mengerti, tapi tidak sedikit juga yang keras kepala,” ujar salahseorang wanita paruh baya yang bertugas menjaga portal pintu masuk objek wisata Desa Tongging.

Relawan Covid-19 Desa Tongging, Kecamatan Merek, Karo, tampak melakukan penjagaan ketat di portal pintu masuk objek wisata Danau Toba, Minggu (14/6/2020) siang.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Tongging Santo Munthe, kepada BENTENG TIMES, berharap para wisatawan bersabar sampai situasi pandemi berakhir. Santo mengatakan, seluruh pihak di Desa Tongging, mulai dari aparat pemerintah desa, pengusaha kuliner dan para tokoh masyarakat sudah sepakat mengikuti imbauan Pemerintah Kabupaten Karo.

BacaSengketa Sejumlah Kawasan di Wilayah Air Terjun Sipisopiso, Tunggu Putusan PTUN!

Maka dari itu, masih kata Santo, pihaknya melakukan penjagaan ketat di pintu masuk objek wisata Desa Tongging. Dia mengatakan, penjagaan dilakukan siang dan malam selama 24 jam.

“Sift pertama, mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB, sift kedua mulai pukul 18. 00 WIB sampai pukul 08 .00 WIB,” ujarnya.

Share this: