Ini Profil Musisi dari 5 Negara yang akan Guncang Panggung Samosir Music International

Share this:
Sons & Preachers, band asal Jerman, yang akan mengguncang panggung SMI 2019.

Kekuatan karakter solo Vokal dari Tongam Sirait yang tebal, dengan range interval yang luas namun tebal, menjadi cirinya yang unik. Pada diri Tongam adalah suara tenor dengan artikulasinya yang sangat jelas dan lembut, namun ada kalanya Tongam bernyanyi sampai alto yang sangat tegas, seperti dalam lagu “Come to lake Toba”.

Albumnya yang pertama “Nomenssen”, menjadi titik balik generasi muda Batak di perantauan, untuk mulai belajar dan kembali menggunakan bahasa Batak.

3. Alex Rudiart Hutajulu
Alex Rudiart Hutajulu lahir di Parapat, 13 Juni 1985, adalah salah satu konsestan X Factor Indonesia. Alex juga pernah menjadi Vokalis Sahara Band sebelum adanya ajang X Factor Indonesia. Alex sudah kenyang akan pengalaman bermusik dan sudah beberapa kali berkolaborasi dengan musisi besar Indonesia lainnya.

Selain bernyanyi, suami penyanyi Novita Dewi Marpaung ini juga menguasai alat musik gitar dan piano yang dipelajari secara otodidak. Selera musiknya tumbuh dan dipengaruhi oleh The Beatles, Creedence Clearwater Revival (CCR), Aerosmith, Queen, Guns n’ Roses, Metallica, Bon Jovi, White Lion, Fire House, dll.

4. Hermann Delago
Musisi berkebangsaan Austria ini sangat menyukai musik Batak. Menurutnya, lagu Batak lebih memiliki jiwa yang bagus dan sangan lembut. Kecintaannya pada lagu Batak berawal pada pada tahun 1995 saat ia berlibur ke Bali dan mendengar lagu BUTET dan langsung menyukainya dan meminta temannya mengajar lagu Batak kepadanya.

Tak hanya mencintai lagu Batak, dia juga mencintai wanita Batak hingga menikahinya dan dia pun menerima marga Manik.

Hermann juga sudah menggelar beberapa konser di Eropa dengan menyanyikan lagu bernuansa Batak dan itu membuat budaya Batak terkenal sampai ke benua Eropa. Dia sering membawakan lagu-lagu Batak dalam konser di sejumlah negara Eropa. Ia pun mempelajari lagu-lagu Batak itu secara unik, yakni dengan mendengarkan dan belajar dari anak batak yang sering nyanyi di kedai tuak.

5. Salammusik
Salammusik merupakan sebuah nama band dari Malaysia yang dibentuk sejak tahun 2006. Band ini sudah lumayan besar dan terkenal di negaranya, juga di Eropa. Band ini terkenal dengan irama musik baru, yaitu gabungan dari unsur budaya dan modern, kategori genre musiknya masuk kedalam Rock, Reggae dan Hiphop.

Album pertama mereka berhasil mendapat pengharagaan sebagai album terbaik dari Anugrah Industri Musik ke-19 di tahun 2012, dan juga salah satu lagunya berjudul “Aku Pelat” berhasil mendapat penghargaan sebagai lagu HipHop terbaik di tahun 2013.

Sejak berdirinya band ini hingga sekarang, mereka sudah berhasil mengumpulkan banyak penghargaan di negaranya, juga di Singapore dan se-Asia Tenggara. Selain penghargaan atas karya mereka semua, Salammusik juga sudah banyak melakukan tour konser tidak hanya di Asia, namun juga di beberapa negara di daratan Eropa.

6. Bagjuice
Bagjuice adalah sebuah Reggae/Dub band yang berasal dari Amsterdam, Belanda. Band ini memiliki personel sebanyak 6 orang yang mana setiap personelnya mempunyai background musik yang sangat luas.

Perbedaan latarbelakang musik yang berbeda, mereka satukan sehingga menghasilkan sebuah bentuk musik yang menjadi ciri khas membuat mereka mudah untuk dikenal di Belanda. Dari sejak tahun 2013 , sudah banyak musik festival di seputar Belanda yang menampilkan mereka.

Belanda merupakan salah satu negara yang memiliki banyak musik festival hampir dalam 1 tahun penuh. Walau negara ini tergolong sangat kecil, namun sangat banyak ruang bagi para artis/musisi untuk bisa menunjukkan karya-karya mereka di panggung musik festival.

7. Sons & Preachers
Band ini masih tergolong sangat muda, mulai dibentuk resmi sejak Januari 2018 dan tidak lama setelah dibentuk mereka merilis sebuaha single. Band yang terdiri darir 4 personel ini sudah lama saling mengenal dan masing-masing memiliki latar belakang musik yang berbeda dan punya keinginan yang sama untuk mendirikan sebuah band.

Lead vokal sekaligus pemain hammond, keyboardnya adalah warga Indoenesia yang sudah menetap tinggal di Hamburg, Jerman. Dulunya, Yonatan berangkat ke Jerman untuk menimba ilmu di bidang kedokteran. Namun di tengah perjalanan studi, dia makin merasakan bahwa dunia musik lah yang paling tepat baginya. Ahirnya dia berhenti kuliah dan terjun di dunia musik.

Sewaktu masih di Indonesia pun, dia sudah sering bermusik dan mengikuti kursus musik .Di Hamburg dia mendirikan sekolah musik yang dilengkapi dengan studi musik yang professional .

Sejak band ini didirikan, beberapa musik festival di Jerman pun sudah mengundang mereka untuk ikut manggung. Band ini memiliki motto musik mengkreasikan kembali suara Vintage dengan menyesuiakannya dengan sound-sound yang modern. Sehingga musik mereka lebih dikenal dengan gaya musik blues, rock dan funk.

Share this: