Timsus Kemenhub Pantau Danau Toba: Kapal Tak Sediakan Pelampung, Laporkan!

Share this:
BMG
KM Tao Toba saat melayani penyeberangan dari Ajibata-Tomok di Danau Toba.

SIMALUNGUN, BENTENGTIMES.com– Peristiwa tenggelamnya Kapal Motor (KM) Sinar Bangun pada libur Lebaran tahun lalu, menjadi catatan penting dalam pembenahan transportasi di Danau Toba. Kementerian Perhubungan kemudian menurunkan Tim Khusus (Timsus) ke kawasan Danau Toba untuk memantau transportasi penyeberangan di Danau Toba.

Tim Khusus akan memerhatikan soal manifest penumpang, apakah sesuai dengan kapasitas kapal. Lalu, tim akan mengecek kelengkapan surat atau buku pelaut nakhoda dan awak kapal, memastikan adanya alat-alat keselamatan; seperti pelampung.

Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo mengapresiasi langkah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Ia juga mengajak para kepala daerah di seluruh Kabupaten yang ada di kawasan Danau Toba untuk bersama-sama melakukan pengawasan.

“Kita ingin memastikan wisatawan yang pergi libur lebaran ke Danau Toba tetap merasa nyaman saat melakukan penyeberangan. Kapal-kapal di Danau Toba yang harus mewujudkannya. Keselamatan adalah yang utama,” kata Arie, Jumat (7/6/2019).

Arie juga mengimbau, kepada seluruh pengunjung juga mengutamakan keselamatan. Apalagi Danau Toba juga dipastikan padat saat libur lebaran.

BacaKapal Ferry Ini Diberi nama ‘Ihan Batak’, Beroperasi Oktober di Danau Toba

BacaPolisi Endus Dugaan Ratna Sarumpaet Gelapkan Donasi Tragedi Danau Toba

Sesuai instruksi Kemenhub, kapal-kapal di Danau Toba harus mematuhi peraturan, khususnya keselamatan. Kata Arie, jika pengunjung masih menemukan kapal yang ‘nakal’, bisa melaporkannya ke petugas berwenang.

“Langsung hubungi petugas jika ada hal-hal berkaitan mengabaikan keselamatan,” katanya.

Dijelaskan bahwa pelampung menjadi alat keselamatan yang sangat penting saat berlayar. BPODT juga tidak ingin peristiwa KM Sinar Bangun kembali terulang.

Share this: