Kapal Ferry Ini Diberi nama ‘Ihan Batak’, Beroperasi Oktober di Danau Toba

Share this:
Kapal Ferry RoRo dengan nama Ihan Batak ditarget selesai pada Oktober tahun ini.

MEDAN, BENTENGTIMES.com – Transportasi darat maupun air menuju kawasan wisata Danau Toba saat ini sudah mulai rampung dan sudah ada pembenahan. Dan, saat ini pemerintah sedang mengerjakan kapal Ferry Ro-Ro yang nantinya akan mengarungi perairan Danau Toba.

“Kapal itu diberi nama Ihan Batak. Kapal Ferry Ihan Batak ukurannya lebih besar dari ferry yang sudah terlebih dahulu ada, seperti KM Sumut I dan II. Ihan Batak mampu mengangkut 32 mobil dan 280 orang. Sebelum Natal, kira-kira Oktober, kapal Ihan Batak ditargetkan sudah selesai pengerjaannya dan direncanakan akan beroperasi,” ujar Bupati Toba Samosir (Tobasa) Ir Darwin Siagian pada acara Coffee Morning bertajuk “Pengembangan Transportasi di Kawasan Danau Toba”, Rabu (25/7/2018) di D’Heritage Grand Aston City Hall Medan.

(BACA: Bakal Ada Pelabuhan Ferry di Humbahas, Kemenhub Sudah Datang Lakukan Survei)

Dikatakan, keberadaan ferry tersebut diharapkan bisa menjadi transportasi air yang nyaman ke Pulau Samosir. “Diharapkan transportasi air ke depan akan lebih diawasi untuk mencegah terjadinya tragedi kapal tenggelam di Danau Toba lagi,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Pj Gubsu Drs Eko Subowo MBA mengatakan, pengembangan pariwisata di kawasan Danau Toba membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang terampil, yang mampu membuat wisatawan merasa aman dan nyaman. Karena itu, pendidikan vokasi pariwisata bagi masyarakat setempat perlu terus ditingkatkan.

“Untuk meningkatkan destinasi wisata, kita harus meningkatkan keterampilan masyarakat setempat, karena itu perlunya koordinasi pemerintah setempat menjadikan masyarakatnya lebih trampil ke depannya,” ujarnya.

(BACA: Pernyataan ABK Ini Ungkap Mengapa KMP Sumut II Pergi saat Korban Butuh Pertolongan)

Dikatakan, pendidikan vokasi yang ada harus diperluas aksesnya, diberikan kesempatan yang besar kepada seluruh warga negara untuk mendapatkan akses keterampilan melalui pendidikan vokasi, khususnya di masyarakat sekitar Danau Toba.

Eko juga berharap, seluruh pemerintah daerah (pemda) yang berada di kawasan Danau Toba terus meningkatkan kerjasama dalam upaya membangun destinasi wisata Danau Toba. Mulai dari peningkatan tenaga terampil, lokasi wisata hingga transportasi darat maupun air.

Sebelumnya, Kadis Pariwisata Provsu Hidayati mengatakan, Bandara International Silangit sudah melakukan penerbangan internasional dari Kuala Lumpur ke Bandara Silangit, begitu juga sebaliknya.

“Mulai hari ini, untuk ke Danau Toba wisatawan asal Malaysia bisa lanjut ke Bandara Silangit, tanpa harus ke Bandara Kuala Namu, begitu juga warga Sumut khususnya di kawasan Danau Toba bisa langsung ke Malaysia melalui Silangit,” paparnya.

Share this: