Kemenko Maritim dan Wagubsu Rapat Koordinasi Bahas Danau Toba

Share this:
Wagubsu Hj Nurhajizah Marpaung menghadiri rapat koordinasi bersama Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Selasa (22/5/2018) di Kantor Kemenko Kemaritiman.

JAKARTA, BENTENGTIMES.com – Wakil Gubernur Sumatera Utara Hj Nurhajizah Marpaung menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Selasa (22/5/2018) di Kantor Kemenko Kemaritiman, Jalan MH Thamrin Nomor 8, Jakarta.

Rakor membahas tentang kawasan Danau Toba, yakni terkait kebersihan danau, penanaman pohon di kawasan danau, serta perkembangan pariwisata dan penertiban illegal logging di sekitar Danau Toba.

Dalam Rakor itu, Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan menekankan agar para bupati se-kawasan Danau Toba selalu berkoordinasi dalam hal penyelesaian sengketa tanah yang diklaim masyarakat, sebagai pemilik sepanjang kawasan hutan lindung.

Menko Maritiman meminta Wagubsu berkoordinasi dengan Poldasu untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

(BACA: Pemprovsu akan Batasi Produksi Ikan KJA di Danau Toba)

“Pemerintah jangan mau kalah, karena negara kita negara hukum, tidak dibenarkan gaya-gaya preman. Saya minta Ibu Wagubsu untuk koordinasi dengan Kapoldasu, agar diingatkan kepada jajaran kapolresnya untuk menindaklanjuti hal seperti ini, sesuai laporan bupati se-kawasan Danau Toba,” ujar Luhut Panjaitan.

Sementara, Wagubsu Nurhajizah Marpaung mengatakan, sesuai laporan para Bupati sekawasan Danau Toba, setiap daerah permasalahan yang dihadapi selalu terkait sengketa kawasan hutan yang sudah diklaim oleh masyarakat desa sekitar dan diklaim sebagai tanah adat, seperti di daerah Tobasa, Samosir dan Kabupaten Karo.

“Agar tidak ada lagi hambatan dalam pembangunan oleh pemda setempat, serta antisipasi dan tindaklanjut, melalui Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara dan Badan Otorita Danau Toba (BODT) bersedia membuat pengaduan kepada aparat penegak hukum,” ujar Wagubsu.

(BACA: Begini Pemaparan Cerdas dari Sihar Sitorus Tentang Danau Toba)

(BACA: Promosi Danau Toba Sampai ke Hungaria)

Turut hadir dalam Rakor itu Bupati Karo Terkelin Brahmana, Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, Bupati Toba Samosir Darwin Siagian, Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Sekda Simalungun Gidion Purba MSi, Wakil Bupati Tapanuli Utara Mauliate Simorangkir, Sekda Pakpak Bharat Sahat Banurea, Dirut BPODT Arie Prasetyo, dan Ketua Perkumpulan Gaja Toba Ramles Sihaloho.

Sedangkan perwakilan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) hadir Asisten Umum dan Aset Setdaprovsu Zonni Waldy, Kadis Kehutanan Halen Purba, Kadis Lingkungan Hidup Binsar Situmorang, Kadis Budaya dan Pariwisata Hidayati, Plt Kadis Kelautan dan Perikanan Mulyadi dan Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Ilyas Sitorus, serta Kabid Teknis dari masing-masing OPD Pemprovsu dan kabupaten sekawasan Danau Toba.

Share this: