Begini Pemaparan Cerdas dari Sihar Sitorus Tentang Danau Toba

Share this:
BMG
Djarot dan Sihar berbincang dengan pomparan Raja Nairasaon saat ziarah di Makam Datu Pejel, anak Raja Nairasaon di Sibisa, Tobasa, Sabtu (10/2/2018).

MEDAN, BENTENGTIMES.com – Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara Sihar Sitorus mengajak masyarakat di Sumut untuk menjaga keragaman hayati dan budaya yang ada di kawasan Danau Toba.

Menurutnya, keragaman tersebut merupakan penyempurna dari bentangan kaldera yang menjadi warisan dunia.

Calon yang maju mendampingi Djarot Saiful Hidayat tersebut melihat adanya suatu paradoks antara objek wisata kelas dunia dan jumlah wisatawan yg minim. Saat ini Danau Toba adalah kawasan eksotis yang mampu menarik beragam wisatawan.

Namun, menurut pebisnis multi-usaha tersebut, daya tarik sesungguhnya dari Danau Toba ada pada alam yang menghasilkan keragaman hayati dan mempengaruhi budaya yang menjadi keseharian masyarakat sekitar Danau Toba.

Satu satunya danau yang memiliki keragaman budaya dalam satu kawasan menurut Sihar hanya Danau Toba. Termasuk keragaman hayati.

Uniknya banyak tanaman yang populasinya ada di sekitar Danau Toba yang menjadi keunikan Danau Toba. Contohnya kemenyan yang hanya dihasilkan beberapa kawasan di dunia, dan yang terbaik ada dari Danau Toba yakni dari dataran tinggi Humbang Hasundutan (Humbahas) dan sekitar kawasan dataran tinggi Tapanuli Utara (Taput) dan Toba Samosir (Tobasa).

“Ini harus kita lihat sebagai keunikan yang dijaga. Karena tanaman tersebut adalah tanaman purba yang ada di tanah leluhur. Istimewanya lagi, banyak masyarakat di sekitarnya yang menjadikan ini sebagai sektor ekonomi,” ujarnya, Senin (5/2/2018) di Jakarta.

Contoh lain yang dipaparkan Sihar adalah tanaman unik andaliman. Jenis jeruk dengan ukuran kecil menyerupai merica tersebut merupakan tanaman dengan habitat terbatas. Karena hanya tumbuh di kawasan Danau Toba.

Keunikan ini juga dimanfaatkan oleh masyarakat di sekitar Danau Toba sebagai sumber perekonomian. Karena mempengaruhi pada daya konsumsi masyarakat yang juga masuk dalam bumbu makanan tradisional.

Share this: