Wisata Ekstrim ‘Rope Swing’ di Jembatan Lau Hulung

Share this:
Ist
Jembatan Lau Hulung, Deli Serdang yang dibangun tahun 2009

Jembatan Lau Hulung!! Ya… Dulu jembatan ini hanya sebuah jembatan gantung yang masyarakat setempat menyebutnya Titi Gantung STM Hulu dan merupakan jembatan gantung terpanjang di Sumatera Utara dengan memiliki panjang sekitar 160 meter, dan berada di ketinggian sekitar 150 meter.

Titi Gantung STM Hulu dibangun pada tahun 1979 untuk menghubungkan Desa Durian Tinggung, STM Hulu, Deli Serdang dengan Desa Tanjung Raja, Simalungun.

Jembatan gantung Lau Hulung (Titi Gantung STM Hulu) dibangun tahun 1979

Karena dianggap berbahaya, maka pada tahun 2009 disebelah Titi Gantung STM Hulu dibangun jembatan dengan konstruksi beton dan tak hanya dapat dilalui pejalan kaki, kendaraan seperti sepedamotor, mobil dan truk sekarang dapat melintas. Sedangkan Titi Gantung STM Hulu sendiri masih tetap ada untuk menjaga kisah sejarahnya.

Objek Wisata Ekstrim

Selain sebagai penghubung Dua Desa, kini Titi Gantung STM Hulu dan Jembatan Lau Hulung dimanfaatkan sebagai wisata dan olahraga ekstrim ‘rope swing’. Kegiatan ini masih satu-satunya di Sumatera utara.

Rope swing adalah kegiatan berayun menggunakan tali dari satu jembatan ke jembatan lainnya.

Kegiatan rope swing, peserta melompat sedang berlangsung

Jadi, jika ingin mencobanya ada instruktur berpengalaman yang sudah melengkapi keamanan untuk melakukan rope swing. Kamu akan melompat dari Titi Gantung dengan tali pengaman yang sudah terpasang dan kamu akan melayang bergantungan dibawah jembatan beton yang berkonstruksi kerangka besi baja.

Kegiatan rope swing dari kamera peserta

Jembatan ini dekat dengan Danau Linting salah satu objek wisata di Deli Serdang, cukup mengikuti jalan lurus sekitar 5 kilometer.

(Baca: Danau Linting, Pesona Alam dari Deli Serdang)

Untuk mencapai jembatan ini, kamu dapat melalui rute Delitua – Patumbak – Talun Kenas – Tiga Juhar – Sei Guci – Kuta Jurung – Sibunga bunga Hilir – Tanjung Timur – Durian Tinggung.

Siap mencoba..!!

Share this: