Di Yogyakarta Ada 3 Pantai yang Wajib Kamu Kunjungi

Share this:
Pantai Jungwok

BENTENGTIMES.com – Yogyakarta yang terkenal sebagai provinsi kerajaan memilki tempat-tempat bersejarah dan merupakan salah satu daerah tujuan wisata kedua yang paling banyak dikunjungi setelah Bali. Wisata alamnya juga sangat menarik, seperti pantai ataupun gua-gua bawah tanah. Pantai di Yogyakarta yang paling banyak dikunjungi para wisatawan adalah pantai-pantai di daerah Kabupaten Gunungkidul, pantai ini dengan pasir putih dan warna laut yang biru, sebut saja Pantai Kukup, Wediombo, Krakal, Indrayanti, dan masih banyak lagi.

Selain disebutkan tadi, ada juga beberapa pantai di Yogyakarta yang mungkin layak untuk dikunjungi;

1. Pantai Timang

Pantai Timang merupakan salah satu dari banyaknya daftar pantai yang ada di Kabupaten Guungkidul, Yogyakarta. Pengunjung di pantai ini belumlah sebanyak seperti pantai-pantai di Gunungkidul lainnya, mungkin karena perjalanan yang harus ditempuh untuk sampai ke pantai ini membutuhkan keuletan yang ekstra. Hal tersebut dikarenakan jalan menuju Pantai Timang sangat terjal dan berbatu. Namun, untuk Anda yang berjiwa adventure, Anda harus mengunjungi pantai satu ini.

Pantai Timang

Selain jalan menuju ke sana yang terjal dan berbatu, objek wisata yang disuguhkan Pantai Timang juga dipastikan dapat memacu adrenalin Anda.

Di pantai ini, Anda dapat menaiki sebuah gondola yang tergantung tinggi di antara bibir pantai dan sebuah batu karang yang berdiri kokoh di tengah pantai. Jarak luncur yang harus ditempuh dari bibir pantai ke batu karang tersebut sekitar 100 meter. Yang paling menarik dari menaiki kereta gantung ini adalah, Anda akan meluncur sendirian melewati lautan dengan ombak yang besar.

Selain dengan menggunakan kereta gantung, Anda juga bisa menyebrangi pantai menggunakan jembatan gantung sehingga Anda bisa merasakan sensasi deburan ombak besar saat melewatinya. Untuk menaiki wahana-wahana tersebut Anda perlu merogoh kocek sebesar Rp100.000-Rp150.000, dengan tambahan biaya masuk sebesar Rp5.000. Oh ya, pantai ini juga pernah dijadikan lokasi shooting variety show asal Korea, yaitu “Running Man” lho.

2. Pantai Parangendog

Bila kita datang ke Pantai Parangtritis, yang terletak di Kabupaten Bantul, Yogyakarta, maka ketika menengok ke sebelah timur, pasti kita akan disuguhi dengan pantai yang bersebelahan dengan perbukitan hijau menjorok ke laut. Di situlah letak Pantai Parangendog. Untuk menuju ke Pantai Parangendog, Anda cukup berjalan ke arah timur dari Pantai Parangtritis. Lokasinya yang agak jauh dari area parkir kendaraan membuat pantai di Yogyakarta ini lebih sepi dibanding dengan Pantai Parangtritis.

Pemandangan sunset di Pantai Parangendog

Dibandingkan dengan Pantai Parangtritis, pantai ini memiliki debur ombak yang lebih tenang, sehingga pantai ini dijadikan tempat favorit para wisatawan untuk memancing. Selain itu, pantai ini juga memiliki bukit yang disebut Bukit Parangendog atau juga biasa disebut sebagai Bukit Paralayang, karena bukit ini biasa dijadikan sebagai tempat untuk olahraga ekstrem paralayang.

Jika Anda menyaksikan langsung momen para atlet sedang berlatih, maka anda akan disuguhkan atraksi yang menakjubkan dan sangat memacu adrenalin tentunya.

Jika Anda tertarik untuk mencoba olahraga ekstrem ini, Anda dapat menyewa peralatan paralayang plus pemandu dengan biaya Rp300.000-Rp350.000 per orang. Namun, jika takut dan hanya ingin menonton indahnya ratusan paralayang beterbangan, datanglah ke pantai ini sekitar bulan Maret karena ada event bernama Jogja Air Show yang selalu diadakan oleh pemerintah Yogyakarta setiap tahunnya. Untuk mengetahui kapan tepatnya acara ini berlangsung, Anda bisa langsung cek website jadwalevent.web.id atau mencari informasinya melalui social media.

3. Pantai Jungwok

Nama pantai satu ini saja sudah terdengar unik seperti nama orang Korea ya? Pantai Jungwok terletak di di desa Jepitu, kecamatan Girisubo, kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk sampai ke pantai di Yogyakarta ini, Anda bisa mengendarai mobil atau sepeda motor, tapi Anda harus berhati-hari karena jalan menuju pantai bergelombang dan berliku tajam. Yang spesial dari pantai ini adalah lautnya yang super bening dan bersih, serta pasirnya yang berwarna putih.

Pantai Jungwok

Karena masih bersih dan belum banyak wisatawan yang mendatangi pantai ini, jika ke sana, maka Anda dengan mudah dapat menemukan bulu-bulu babi yang berada di pinggiran pantai. Selain dapat menikmati keindahan pantai yang sangat menarik, di sisi barat pantai terdapat bukit hijau yang dapat dinaiki apabila ingin melihat pantai secara keseluruhan.

Bagi Anda pecinta hal-hal berbau misteri, Anda bisa mencoba untuk berkemah di Pantai Jungwok pada malam hari.

Menurut beberapa orang yang pernah berkemah di sana, saat malam hari Anda dapat mendengar lolongan anjing secara tiba-tiba yang membangkitkan suasana mistis.

Untuk masuk ke pantai ini, Anda hanya perlu membayar Rp5000-Rp10.000 saja.

Bagaimana… tertarik untuk mengunjungi salah satu pantai di atas??

Share this: