Presiden Canangkan Revitalisasi Kawasan 1.000 Rumah Gadang

Share this:
Presiden Joko Widodo pada saat menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional tahun 2018 di kota Padang.

PADANG, BENTENGTIMES.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mencanangkan revitalisasi total kawasan 1.000 rumah gadang di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat.

Pencanangan tersebut disampaikan Jokowi saat ia menghadiri rangkaian puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2018 di Danau Cimpago, Padang, Sumatera Barat, Jumat (9/2/2018).

Sebelum mencanangkan, Jokowi sempat bercerita di hadapan para hadirin yang ada di acara HPN 2018. Ia mengatakan, pada tahun 1983 ada seorang anak muda yang pergi menuju Padang dari Jawa dengan menggunakan bus selama tiga hari. Dari Padang ia meneruskan perjalanan menuju ke Solok Selatan melewati Sungai Penuh hingga di Gunung Kerinci.

Anak muda tersebut, katanya, mengagumi rumah gadang di Solok Selatan karena rumah adat tersebut sangat cantik dan elok.

(BACA: Pesta Makan Bajamba Meriahkan HPN 2018)

“Saat itu, anak muda tersebut yang sedang di depan Bapak Ibu. Sebagai kekaguman tersebut, saya canangkan revitalisasi total kawasan 1.000 rumah gadang di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat,” ujar Jokowi yang langsung disambut tepuk tangan meriah hadirin.

Ia meminta revitalisasi tersebut diselesaikan tahun ini juga. Revitalisasi kawasan itu juga sekaligus sebagai prototype rumah gadang di Sumatera Barat, khususnya dan di pelosok tanah air pada umumnya.

Tidak hanya itu, Jokowi dalam lawatannya di Sumatera Barat juga sempat melihat keindahan desa yang sangat cantik, yaitu Desa Pariangan di Kabupaten Tanah Datar. Hal yang sama juga ditugaskan Jokowi kepada pemerintah daerah untuk menyelesaikannya tahun ini.

“Restorasi rumah-rumah yang ada sehingga akan menambah cantik rumah adat. Baik di Solok Selatan maupun Desa Pariangan,” pungkasnya.

Share this: