Kuota Cepat Habis ? Periksa Apakah 4 Aplikasi Ini Ada di Hp-Mu

Share this:
Ilustrasi mengoperasikan smartphone.

JAKARTA, BENTENGTIMES.com – Di zaman melek teknologi smartphone ini, penggunaan media sosial seperti sudah menjadi satu hal penting dalam menjalani aktivitas. Untuk menggunakannya, pengguna membutuhkan data seluler dengan jumlah kuota internet tertentu.

Tapi rupanya, beberapa aplikasi yang kita gunakan saat menggunakan smartphone rupanya membuat kuota internet boros dan cepat habis.

Dilansir dari HaiOnline, terdapat 4 aplikasi utama yang dianggap menyebabkan kuota boros. Berdasarkan hasil penelitian terbaru yang dilakukan oleh tim Opera Max terhadap jutaan pengguna, kurang lebih 30 persen data digunakan oleh aplikasi yang berjalan di latar belakang, tapi tidak digunakan.

Contohnya, Facebook Messenger, WhatsApp, Gmail, hingga Instagram yang tak digunakan tapi bekerja di belakang layar.

Ini berdasarkan hasil dara agregat statistik anonim di kalangan pengguna Opera Max.

Sementara itu, 73 persen kuota tersedot dari Facebook Messenger dan Gmail, baik yang digunakan maupun tidak dibuka.

Google Drive dan WhatsApp menunjukkan 50 persen penggunaan di latar belakang. Meski dianggap sepele, penggunaan aplikasi di latar belakang bisa menjadi masalah serius.

Penggunaan data di layar belakang itu seolah menjadi lalu lintas internet, di saat pengguna tak benar-benar menggunakan aplikasi. Biasanya berlaku seperti sinkronisasi email, pengambilan iklan, atau pun artikel berita.

Sergey Lossev, seorang Product Manager di Opera Software mengatakan, sebagian besar aplikasi dibuat untuk memberikan pengalaman luar biasa penggunanya, bukan untuk menghemat data.

“Ternyata selama ini kita membuang sekitar Rp 30 ribu dari Rp 100 ribu paket data seluler untuk hal ini,” ungkap Sergey.

Share this: