MicroSD Mendadak Rusak!! Simak Caranya…

Share this:
MicroSD

BENTENGTIMES.com – MicroSD (Micro Secure Digital) merupakan alat penyimpanan kecil yang disematkan pada smartphone, gunanya sebagai penyimpanan eksternal.

MicroSD adalah kartu memori non-volatile yang dikembangkan oleh SD Card Association yang digunakan dalam perangkat portable. Saat ini, teknologi microSD sudah digunakan oleh lebih dari 400 merek produk serta dianggap sebagai standar industri de-facto.

Mungkin anda pernah mengalami tiba-tiba MicroSD gagal berproses atau yang disebut “damage” yang menyebabkan data yang disimpan menjadi korup hingga terhapus. Dan akhirnya MicroSD tidak berproses atau rusak.

Perlu diingat bahwa terkadang MicroSD rusak bukan berarti tidak bisa digunakan. Ada cara untuk membuat MicroSD berfungsi kembali.

Berikut cara memperbaiki MicroSD:

1. Bersihkan MicroSD

Dalam kondisi smartphone shutdown, lepaskan MicroSD kemudian bersihkan lempengan tembaga dengan sedikit menekan dengan menggunakan penghapus pensil, disarankan menggunakan penghapus pensil jenis 2B.

Atau bisa juga dengan menggunakan kain yang berbahan microfiber.

Jika dirasa sudah bersih, pasang kembali ke smartphone dan cek apakah MicroSD telah diproses!!

2. Format Ulang

Cara ini adalah melakukan format ulang langsung melalui smartphone. Dengan MicroSD masih didalam kemudian masuk ke menu Settings » Storage

Lalu pilih opsi Erase SD Card. Maka secara otomatis smartphone akan melakukan proses format ulang MicroSD.

3. Cek dari Komputer

Melakukan pengecekan melalui komputer (PC/ Laptop) dengan menghubungkan melalui kabel data. Pilih modus Mass Storage Mode (MSC), bukan Media Transfer Mode (MTP).

(Baca: Kemenkominfo Diminta Buat Aturan soal Perusahaan Aplikasi Taksi Online)

Pada Windows Explorer, klik kanan Drive MicroSD » pilih Properties » Tools » Error Checking. Lalu tunggu hingga proses pengecekan selesai.

Setelah proses rampung, eject MicroSD dan pastikan apakah sudah terbaca atau belum.

4. Format dari Komputer

Jika MicroSD tetap error di smartphone namun terbaca di komputer, maka lakukanlah format ulang di komputer.

Lakukan backup data sebelum format ulang MircoSD.

Share this: