Ini Profil dan Harta Jhoni Allen Marbun yang Disebut-sebut Mau Mengkudeta AHY

Share this:
Agus Harimurti Yudhoyono dan Jhoni Allen Marbun

JAKARTA, BENTENGTIMES.com – Isu kudeta di tubuh Partai Demokrat saat ini menyita perpolitikan nasional. Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menduga bahwa salah satu kader yang turut dalam rencana kudeta ini adalah politisi berdarah Batak: Jhoni Allen Marbun. Siapa sebenarnya Jhoni Allen Marbun? Berikut sosok lengkapnya.

Baca: Bah, Politisi Batak Ini Diduga Terlibat Upaya Kudeta di Demokrat

Baca: Gejolak Pro Kontra UU Omnibus Law, Ferdinand Hutahaean Mundur dari Demokrat

Jhoni Allen Marbun merupakan anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat yang bertugas di Komisi V. Jhoni lahir di Pangururan, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara pada 21 Agustus 1960. Pendidikan SD hingga SMP ditempuhnya di tanah kelahiran, kemudian melanjut ke SMAN 4 Medan.

Dia kemudian lulus di Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB) pada tahun 1979 dan mendapatkan gelar Insinyur pada 1986. Kemudian, melanjut ke S2 Magister Management Institut Pengembangan Wiraswasta Indonesia rentang tahun 1998-2000.

Setamat kuliah, Jhoni Allen bekerja di Taman Marga Satwa Ragunan DKI Jakarta. Dia kemudian memutuskan terjun ke dunia politik dan berhasil duduk di DPR RI pada tahun 2004. Pada Pileg 2019 lalu, dia kembali maju dari Dapil Sumatera Utara II dan berhasil melenggang ke Senayan setelah mengantongi 49.381 suara.

Semasa kuliah, Jhoni Allen Marbun memang sudah aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan. Dia pernah menjadi Ketua Gema Kosgoro tahun 1978-1983, Wakil Ketua Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) tahun 1978-1986, aktif di Resimen Mahasiswa Bogor tahun 1978-1986.

Baca: Panas! Ini Balasan Atas Pernyataan Djarot Tak Mau Koalisi dengan Demokrat dan PKS

Baca: Anak Mantan Ketua Demokrat Sumut Ditangkap Atas Kasus Penganiayaan

Kemudian, Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Bogor pada tahun 1978-1983, Ketua Gabungan Mahasiswa Sumatra Utara di Bogor pada tahun 1981-1984, Sekjen DPP Ikatan Sarjana Kosgoro tahun 1996-2003.

Bersambung ke halaman 2…

Share this: