Empat Pasangan Bersaing di Pilkada Karo, Satu dari Jalur Independen Ditolak

Share this:
ERIANTO PERANGINANGIN-BMG
Komisioner KPUD Karo saat menyampaikan bahwa empat bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati karo telah diterima serta selanjutnya akan dilakukan verifikasi. 

KARO, BENTENGTIMES.com– Proses pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Karo telah barakhir. Hasilnya, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) telah menerima pendaftaran 4 bakal pasangan calon. Sementara, pendaftaran satu bakal pasangan calon dari jalur independen ditolak.

Hal tersebut diungkapkan Ketua KPUD Karo Gemar Tarigan. Kata dia, bakal pasangan calon yang ditolak itu yakni Cuaca Bangun dan Agen Morgan Purba.

“Berkas pendaftaran yang diberikan Cuaca Bangun dan Agen Morgan Purba tidak lengkap,” kata Gemar, Senin (7/9/2020).

Namun, Gemar melanjutkan, pihaknya masih memberikan waktu 3 hari kepada pasangan tersebut untuk melakukan gugatan ke Bawaslu Karo.

Masih kata Gemar, keempat bakal pasangan calon yang diterima pendaftarannya yakni Iwan Sembiring Depari-Budianto Surbakti yang diusung PDIP dan PPP, Brigjend TNI (Purn) Jusua Ginting-Saberina Tarigan yang diusung NasDem, Hanura dan PKPI.

BacaDilema Politik Cuaca Bangun di Pilkada Karo, Antara Agen Purba atau Indra Sembiring

Kemudian, Cory S Sebayang-Theopilus Ginting yang diusung Gerindra dan Perindo, dan Yus Felesky Surbakti-Paulus Sitepu yang diusung PAN, Golkar, dan Demokrat.

“Selanjutnya, dokumen persyaratan yang kita terima dari keempat pasangan itu akan diverifikasi. Verifikasinya selama 6 hari, mulai tanggal 7 sampai 12 September,” terang Gemar.

Gemar menuturkan, jika nantinya ada persyaratan yang kurang, maka pihaknya akan meminta bakal pasangan calon untuk melengkapinya.

BacaPilkada Karo, Iwan-Budianto dan Jusua-Saberina Daftar di Hari Pertama

Dalam kesempatan itu, Gemar mengimbau seluruh bakal pasangan calon agar menjaga kesehatan. Sebab, pada 8 hingga 9 September 2020 akan dilakukan pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit (RS) Adam Malik Medan.

“Dan, mari kita sama-sama menjaga kekondusifan untuk kesuksesan Pilkada Kabupaten Karo tahun 2020. Kita doakan semua berjalan dengan baik, demokratis, aman dan damai,” pungkas Gemar.

Share this: