Benteng Times

Ini Alasan Lengkap Pengunduran Diri Japorman Saragih dari Ketua PDIP Sumut

Japorman Saragih (kemeja putih tengah) foto bersama dengan jajaran pengurus usai menggelar Rapat Harian di Kantor DPD PDI Perjuangan Sumut, Kamis (25/6/2020).

MEDAN, BENTENGTIMES.com– Japorman Saragih resmi mengundurkan diri. Terhitung sejak akhir Juni 2020, Japorman tidak lagi bertindak sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan Sumatera Utara.

Hal itu disampaikan langsung oleh Japorman Saragih, dalam Rapat Harian DPD PDI Perjuangan Sumut, bertempat di Kantor DPD PDIP Sumatera Utara, Kamis (25/6/2020). Japorman mengungkapkan rasa syukur karena DPP PDIP akhirnya mengabulkan permohonan pengunduran dirinya sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut.

“Melalui rapat DPD ini saya menyampaikan rasa syukur bahwa DPP Partai akhirnya mengabulkan permohonan pengunduran diri saya sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut. Terhitung sejak akhir Juni 2020 ini, saya tidak lagi bertindak sebagai Ketua DPD,” ujar Japorman.

Tiga Alasan Utama Pengunduran Diri

Japorman Saragih menuturkan, terhitung sejak Januari 2020, dia telah mengajukan surat pengunduran diri dari jabatan Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut dan akhirnya baru pada akhir Juni ini dikabulkan oleh DPP PDI Perjuangan.

Dia kembali mengungkapkan kabar diterimanya pengunduran diri tersebut disampaikan langsung Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto langsung kepada dirinya melalui jaringan telepon pada Selasa (23/6/2020).

BacaJaporman Saragih Kembali Memimpin PDIP Sumut, Bendahara Berganti

BacaDeklarasi Dukung Megawati Kembali jadi Ketua Umum PDIP, Japorman di Sumut

Masih dalam kesempatan Rapat Harian DPD Partai, Japorman menyampaikan bahwa pengunduran dirinya tersebut disebabkan faktor ingin lebih dekat bersama keluarga, kesehatan, dan ingin fokus mengurusi usaha.

“Kalau saya tidak mengundurkan diri, tidak ada kesempatan untuk bisa berlama-lama bersama keluarga yang selama ini sering saya tinggal untuk urusan politik,” ujarnya.

Kedua, faktor kesehatan juga menjadi alasan ia mundur dari jabatan partai. Ketiga, agar bisa fokus memgurusi usaha yang lama terbengkalai.

Maka dari itu, ia bermohon kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri agar menerima pengunduran dirinya.

Selama ini, dia mengatakan PDI Perjuangan khususnya Sumut masih sangat membutuhkan tenaga dan buah pikirannya. Itu antara lain alasan mengapa DPP lamban merespon pengunduran dirinya.

Berikut Prestasi Japorman Saragih

Sebagaimana diketahui, PDIP di bawah kepemimpinan Japorman Saragih telah menggapai banyak prestasi, di antaranya memenangkan berbagai Pilkada di Provinsi Sumatera Utara, menang pemilu legislatif, dan pilpres tahun 2019.

Kemudian, berhasil mengkonsolidasikan kekuatan partai menjadi satu kekuatan besar dan telah membangun kantor partai yang cukup megah di Sumut, yang saat ini menjadi Kantor DPD PDI Perjuangan Sumut, beralamat di Jalan Jamin Ginting Medan.

BacaPutri Ketua PDIP Sumut Meryl Saragih Ikut Nyaleg, Karena Ini..

BacaStruktur Pengurus PDIP Sumut 2019-2024 Didominasi Wajah Baru, Ini Selengkapnya..

Selain itu juga keberatan DPP atas pengunduran diri Japorman Saragih tersebut lebih dikarenakan memang selama masa kepemimpinan Japorman Saragih, PDI Perjuangan terus mengalami kemajuan dan tren positif, mulai dari perbaikan sistem manajemen kepartaian, hingga perolehan suara pada pemilu dan pilkada yang terus naik secara signifikan.

Exit mobile version