Debat Pertama Capres 2019, Jokowi Lipat Lengan Baju, Prabowo Kibaskan Tubuh

Share this:
BMG
Ira Koesno, moderator debat saat menunjukkan bola bertuliskan huruf B untuk sesi pertanyaan yang ditujukan kepada kandidat pasangan Nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin, dalam debat pertama Capres-Cawapres 2019, Kamis (17/1/2019) malam, di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan.

JAKARTA, BENTENGTIMES.com– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia menggelar Debat I Capres 2019, Kamis (17/1/2019) malam, di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. Debat pertama ini mengusung tema hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme.

Pasangan calon Presiden (capres)-calon Wakil Presiden (cawapres) nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin hadir dengan mengenakan kemeja putih. Sementara, pasangan Capres-Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, hadir dengan mengenakan jas.

Selama debat yang berlangsung sekitar 2 jam itu, BENTENG TIMES mengamati dua hal unik dari bahasa tubuh dua kandidat. Pertama, ketika Prabowo mengibas-ngibaskan tubuhnya saat Jokowi mempertanyakan tentang 6 mantan koruptor yang menjadi calon legislatif (caleg) dari Partai Gerindra sesuai rilis Indonesia Corruption Watch (ICW).

Pertanyaan Jokowi itu muncul menyusul adanya penegasan dari Prabowo bahwa pihaknya komit terhadap pemberantasan korupsi.

Sandiaga Uno saat mengusuk bahu Prabowo Subianto, dalam debat pertama Capres-Cawapres 2019, Kamis (17/1/2019) malam, di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan.

Sebelum menjawab hal itu, Prabowo tampak sempat mengibaskan tubuhnya. Dan pada saat yang bersamaan, Sandiaga mengusuk bahu Prabowo.

Prabowo mengatakan, apabila ada caleg dari partainya yang terbukti korupsi, silakan dilaporkan ke penegak hukum. Pernyataan Prabowo itu kemudian diikuti riuh tawa para pendukung masing-masing kandidat yang memadati ruangan tempat debat sedang berlangsung.

BacaDitantang Debat Pakai Bahasa Inggris, Tak Diduga, Ini Jawaban Ma’ruf Amin

Di samping itu, sambung Prabowo, Indonesia adalah negara demokrasi. Dan untuk memilih caleg, termasuk mantan koruptor, sepenuhnya kewenangan masyarakat.

“Biarlah masyarakat yang menilai. Kalau memang layak, silahkan. Tapi nanti jika terpilih tapi korupsi, maka saya sendiri nanti yang mengantarkannya langsung ke penjara,” ucap Prabowo.

Joko Widodo dan Prabowo Subianto bersalaman usai debat pertama Capres-Cawapres 2019, Kamis (17/1/2019) malam, di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan.

Kemudian keunikan kedua, saat Jokowi melipat lengan bajunya pasca menyampaikan kata-kata penutup di penghujung acara debat capres tersebut.

BacaFadel Muhammad: Ada Senior Golkar Ingin Dukung Prabowo-Sandi

Meski moderator meminta kedua pasangan capres-cawapres untuk menyampaikan apresiasi terhadap lawan mainnya, namun mereka tidak melakukannya. Kedua pasangan fokus pada penyampaian visi misi mereka.

Namun, saat debat berakhir, Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandi keluar dari podium masing-masing, lalu saling bersalaman.

Share this: