Di Siantar, H-1 Penutupan Pendaftaran Bacaleg, Hanya 1 Partai Ini Yang Daftar

Share this:
BMG
Sekretaris DPD Partai Perindo Kota Siantar Marulam Simarmata menyerahkan berkas pendaftaran kepada Ketua KPU Siantar Mangasi Purba, Senin (16/7/2018).

SIANTAR, BENTENGTIMES.com – Satu hari menjelang penutupan pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg), Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Siantar baru menerima pendaftaran bakal calon dari 1 partai.

Partai Perindo menjadi parpol pertama yang datang ke kantor KPU untuk menyerahkan berkas pengajuan bacalegnya. Kedatangan Ketua DPD Perindo Pematangsiantar, Minten Saragih dan Sekretarisnya, Marulam Simarmata serta pengurus lainnya disambut ketua KPU Siantar, Mangasi Purba, Senin (16/7/2018).

Ada 12 bacaleg perempuan dari total 30 bacaleg yang didaftarkan Partai Perindo. Minten Saragih bersyukur karena telah menyerahkan berkas pengajuan bacaleg periode 2019-2024.

“Dalam pengajuan ini, saya membawa seluruh bakal calon, 36,36 persen itu perempuan. Setelah pengajuan ini, mungkin ada berkas yang tidak sempurna, maka kami siap untuk memperbaikinya,” jelasnya.

Masih di lokasi yang sama, Komisioner KPU Siantar, Batara Manurung memberkan bahwa hingga saat ini hanya satu partai yang baru mendaftar. Padahal, pendaftaran sudah dibuka sejak 3 Juli 2018 lampau.

Batara melanjutkan, pendaftaran bacaleg akan dibuka hingga Selasa (17/7/2018) sekira pukul 24.00 WIB.

Masih kata Batara, ke depan, KPU akan melakukan penelitian daftar bacaleg, yakni mulai 19 hingga 21 Juli. Lalu, KPU juga memberikan waktu perbaikan selama 10 hari, mulai 22 hingga 31 Juli.

Namun jika sudah menjadi daftar calon sementara (DCS), kata Batara, tidak dapat dilakukan pergantian. Pergantian dapat saja terjadi jika ada pengaduan pada 12 hingga 21 Agustus.

“Mereka (bacaleg) mungkin ada yang mantan terpida koruptor, bandar narkoba dan kejahatan seks terhadap anak. Itu akan kita klarifikasi melalui instansi terkait. Nanti akan disampaikan ke parpol soal pemberitahuan pengganti DCS, mulai tanggal 1 sampai 3 September 2018 dan tanggal 4 sampai 10 September akan dilakukan penggatian bakal calon,” paparnya.

Share this: