Ini 5 Cawapres Jokowi Versi PDIP dan 4 Nama Versi Relawan

Share this:
Ilustrasi Pilpres 2019.

JAKARTA, BENTENGTIMES.com – Siapa yang bakal mendampingi Joko Widodo (Jokowi) pada pemilihan presiden (pilpres) 2019 mendatang jadi topic paling panas perpolitikan nasional saat ini. Masing-masing lembaga, parpol, maupun relawan punya prediksi masing-masing siapa yang akan menjadi calon wakil presiden.

Seperti pernyataan Wakil Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Ahmad Basarah yang menyebutkan bahwa ada tiga unsur dalam daftar calon wakil presiden untuk Joko Widodo pada Pilpres 2019. Tiga unsur tersebut yakni berasal dari internal PDIP, partai koalisi dan dari luar partai koalisi.

(BACA: Mengerucut, 2 Nama Ini yang Terkuat Dampingi Jokowi)

Basarah menjelaskan, calon dari luar partai koalisi merupakan tokoh-tokoh dari latar belakang yang beragam.

“Ketika sumber cawapres Pak Jokowi dari luar PDIP dan dari luar koalisi parpol pengusung, artinya dia ini dari kalangan profesional, agamawan, militer, polisi dan lainnya,” jelas Basarah di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Rabu (11/7/2018).

Ia sempat menyebut nama-nama tokoh yang berasal dari luar PDIP dan di luar partai pengusung. Nama Mahfud MD dan Rizal Ramli sempat disebut oleh wakil ketua MPR RI itu.

“Jadi kalau kemudian muncul nama Mahfud MD, Din Syamsuddin kemudian Rizal Ramli dan tokoh lain, Moeldoko, Budi Gunawan, semua itu dari luar PDIP dan partai koalisi,” tuturnya.

(BACA: Pengusulannya sebagai Cawapres, Begini Kata Mahfud MD kepada Warga Siantar)

Basarah menambahkan, agar publik menantikan siapa tokoh yang akan dipilih oleh Jokowi sebagai pendampingnya nanti di Pilpres 2019.

Sementara, Relawan Nasional 212 Jokowi Presiden Republik Indonesia (Renas 212 JPRI) juga menyatakan telah mengerucutkan empat nama calon wakil presiden untuk diusulkan kepada Presiden Joko Widodo.

“Melalui pembahasan internal, Renas 212 JPRI bersama koordinator daerah dari seluruh Indonesia mengerucutkan empat nama dari 11 nama tokoh Islam dan militer yang pernah diusulkan Renas 212 kepada Presiden Jokowi pada 10 Mei 2018 lalu,” ujar Sekjen Renas 212 JPRI Adnan Rarasina dalam keterangannya, Rabu (11/7/2018).

Share this: