Trump Dimakzulkan, RI Perlu Waspada

Share this:
BMG
Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

JAKARTA, BENTENGTIMES.com– Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, pemakzulan Presiden Amerika Serikat oleh DPR AS pada Rabu (18/12/2019) waktu setempat sebaiknya diwaspadai. Adapun pemakzulan Donald Trump dilandaskan pada dua pasal yang diajukan oleh DPR, yaitu penyalahgunaan kekuasaan serta menghalangi penyelidikan Kongres. Selanjutnya, kedua pasal tersebut akan dibawa ke level Senat dengan masa sidang yang dijadwalkan pada 2020.

“Keputusan di Amerika Serikat untuk kongres Amerika Serikat melakukan impeachment (pemakzulan) terhadap Presiden Amerika Serikat Donald Trump menciptakan ketidakpastian tinggi. Ini berpengaruh terhadap perilaku ekonomi, baik perusahaan maupun konsumen,” terang Sri Mulyani di Jakarta, Kamis (19/12/2019).

Sebelumnya, Bendahara Negara juga mengatakan, dunia tengah diliputi kondisi ketidakpastian yang membuat perekonomian global melambat secara keseluruhan. Kemudian, pemakzulan Trump turut menambah sentimen negatif terhadap ekonomi dunia yang sebelumnya telah diliputi ketidakpastian karena Brexit yang belum berakhir, eskalasi ketegangan hubungan antara Korea Selatan dengan Jepang, Amerika Serikat, dan China, hingga ekonomi negara berkembang yang masuk ke jurang resesi.

BacaTrump Kibarkan Perang Dagang dengan RI, Menteri Perdagangan Ancam Balik

Sri Mulyani mengungkapkan, dengan berbagai ketidakpastian tersebut, pelaku ekonomi akan lebih cenderung menahan aksi dalam melakukan kegiatan ekonomi. Misalnya saja, konsumen akan cenderung menahan konsumsi dan mencadangkan dana yang dimiliki karena kekhawatiran prospek ekonomi ke depan tidak lebih baik. Begitu pula pengusaha yang cenderung akan menahan investasi.

“Keputusan untuk menahan ini akan memperlemah ekonomi. Pada 2019, ekonomi hampir setiap negara mengalami perlemahan karena tidak pasti, baik berasal dari ekspor maupun impor, kemudian merembes ke konsumen rumah tangga maupun investasi perusahaan,” kata Sri Mulyani.

BacaAneh! Kim Jong-un Bawa Toilet Sendiri saat Bertemu Donald Trump, Ini Sebabnya…

Namun demikian, Sri Mulyani masih optimistis dengan realisasi kinerja ekonomi dalam negeri pada akhir tahun yang hanya tinggal dua pekan lagi. Menurutnya, pada Desember ada faktor musiman, yaitu libur akhir tahun Natal dan Tahun Baru yang bakal mendorong ekonomi domestik.

“Dari sisi penerimaan pajak sektor-sektor tertentu menunjukkan adanya penguatan. Ini nanti bagus untuk masuk pada 2020. Namun, kewaspadaan harus kita tingkatkan,” ujarnya mengakhiri.

Share this: