Ada Banyak Aturan Baru di Piala Dunia 2018, Ini Rinciannya

Share this:
Salah seorang wasit sedang menggunakan teknologi VAR.

RUSIA, BENTENGTIMES.com – Piala Dunia 2018 Rusia akan digelar Kamis (14/6/2018). Namun, Piala Dunia Rusia 2018 akan menerapkan beberapa peraturan baru. Terdapat perubahan signifikan terkait aturan yang bakal mengikat para pemain sepanjang pertandingan.

Aturan-aturan yang ada juga akan berpengaruh kepada kondisi beberapa pemain yang terkena dampak dari beberapa peraturan tersebut.

FIFA menerapkan bantuan Video Assistant Referee (VAR). VAR akan digunakan untuk mengurangi kontroversi terkait keputusan yang diambil oleh wasit dalam sebuah pertandingan. FIFA juga dapat memberikan hukuman kepada pemain yang terlihat melakukan tindakan melanggar peraturan.

Beberapa di antaranya seperti kontak fisik yang berbahaya maupun diving. Adanya peraturan tersebut membuat seorang pemain dapat memperoleh sanksi setelah pertandingan yang dijalaninya berakhir, peraturan ini juga sudah diterapkan dalam ajang Premier League sepanjang musim 2017/18.

Kemudian, setiap tim akan bermain 3 kali, bersaing dalam babak penyisihan grup untuk menjadi dua tim terbaik yang berhak maju ke babak per delapan final. Jika dalam satu grup terdapat beberapa tim yang memiliki nilai sama, maka akan diterapkan modus: pertama perbandingan selisih gol, setelah itu perbandingan jumlah gol yang dicetak.

Jika masih belum juga terdapat perbedaan, maka akan ditentukan melalui hasil pertandingan head to head, setelah itu selisih gol pertandingan head to head. Jika saja nilai beberapa tim ini masih sama, maka akan dilakukan modus terakhir: pengundian

Pada babak KO pertama, tim juara grup akan bertanding melawan runner up grup lainnya. Sampai babak semifinal, masih ada kemungkinan bahwa tim yang berada di grup A, B, C dan D akan kembali saling berhadapan. Begitupula dengan kesebelasan yang berada di grup E, F, G dan H.

Share this: