Benteng Times

Ijeck, Pras dan Duo Gelael Jajal Lintasan Danau Toba Rally 2021

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga didaulat mengangkat bendera start pertanda dimulainya Danau Toba Rally 2021, bertempat di Kawasan Hutan TPL Aek Nauli, Kabupaten Simalungun, Jumat (10/12/2021).

SIMALUNGUN, BENTENGTIMES.com– Danau Toba Rally 2021 resmi digelar di area Aek Nauli dan Gorbus, kawasan Hutan Tanaman Industri (HTI) Toba Pulp & Paper, Kabupaten Simalungun.

Selain pereli nasional Ricardo Gelael dan Sean Gelael, Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah atau yang lebih dikenal dengan sapaan Ijeck dan Pras, sapaan akrab Prasetyo Edi Marsudi, Ketua DPRD DKI Jakarta, ikut menjajal lintasan.

Ricardo dan Sean Gelael menggunakan sesi recce alias sesi pengenalan SS (special stage) Danau Toba Rally 2021 pada Kamis (9/12/2021), untuk mengasah diri masing-masing menjelang ajang utama pada Sabtu dan Minggu (11-12/12/2021).

Pereli senior Ricardo Gelael memanfaatkan sesi penting dalam reli tersebut untuk mempertajam kembali nalurinya setelah absen dari dunia balap kompetitif sejak 2009.

Sementara, anaknya Sean Gelael, menggunakan sesi tersebut demi mencari chemistry dengan co-driver barunya Hugo Ismael dari Portugal.

Pebalap memacu mobilinya di lintasan Danau Toba Rally 2021 bertempat di kawasan Hutan TPL Aek Nauli, Sabtu (11/12/2021).

BacaPembalap Berdarah Indonesia Digadang-gadang Jadi Pengganti Valentino Rossi

BacaDuel Sengit dengan Marquez, Bagnaia Raih Juara MotoGP di Aragon

Ayah dan anak yang tergabung pada tim Jagonya Ayam itu ikut meramaikan Reli Danau Toba pada Sabtu dan Minggu, 11-12 Desember 2021 di sekitar kawasan wisata Danau Toba, Sumatera Utara.

Halaman Selanjutnya >>>

Aek Nauli Punya Histori di Komunitas Reli

Aek Nauli Punya Histori di Komunitas Reli

Lokasi Special Stage berada di area Aek Nauli dan Gorbus, kawasan Hutan Tanaman Industri TPL. Kawasan itu memiliki nilai historis di komunitas reli karena merupakan bagian lintasan SS pada Kejuaraan Reli Dunia (WRC) 1996 dan 1997 dan juga dipergunakan sebagai lintasan pada Kejurnas Reli 2007 dan terakhir pada Kejurnas Reli 2019.

Ricardo dan Sean Gelael menggunakan mobil survei, bukan mobil yang digunakan untuk reli pada sesi recce pada Kamis tersebut. Mereka juga melakukan pencatatan untuk panduan reli (pace note).

Sean menyatakan, pace note yang dia pegang berdasar data dua tahun lalu, saat dia mengikuti Kejurnas Reli 2019 telah berubah.

“Sangat wajar, karena walau ada lintasan yang sama tapi ada juga yang berbeda,” kata Sean.

BacaJeka Saragih Hanya Butuh 4 Menit, 18 Detik untuk Kalahkan Agung

BacaParbutaran Super Grass Track: Unjuk Kebolehan Kaum Millenial

Runner up World Endurance Championship 2021 itu menuturkan, adaptasi dengan Hugo sendiri dikatakan berjalan baik.

Halaman Selanjutnya >>>

Ajang Reli Pertama di Indonesia Selama Masa Pandemi

Halaman Sebelumnya <<<

Ajang Reli Pertama di Indonesia Selama Masa Pandemi

Sementara itu, navigator Ricardo Gelael, Anthony Sarwono mengakui bahwa ia seperti mengulang memori lagi untuk menjadi pendamping juara nasional 2006 tersebut.

“Namun, saya tetap serius membuat pace note-nya. Kami sudah lama tidak berdampingan soalnya,” kata Anthony.

Setelah pagi sampai siang melakukan recce, kedua pebalap melakukan latihan dengan mobil reli yang akan dipakai lomba pada sore hari. Namun, lintasan yang mereka jajal hanya berjarak pendek dan bukan di area balap.

“Saya akui cukup berat dan melelahkan karena sudah lama gak ikut reli. Semoga fisik saya menunjang semangat saya yang lagi tinggi ini,” ujar Ricardo.

Baca122 Trail Adventure: Dimeriahkan 900 Riders, Lima Diantaranya Perempuan

BacaBersepeda Sambil Menikmati Keindahan Danau Toba Dari Atas Bukit Samosir

Agenda Jumat adalah lanjutan recce di pagi hari dan shakedown siang oleh semua peserta.

Untuk diketahui bahwa Danau Toba Rally jadi ajang reli pertama di Indonesia selama masa pandemi.

Halaman Selanjutnya >>>

Mendongkrak Pariwisata Danau Toba

Halaman Sebelumnya <<<

Mendongkrak Pariwisata Danau Toba

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga dan Wakil Bupati Zonny Waldi hadir dalam Pembukaan Danau Toba Rally 2021, Jumat (10/12/2021). Radiapoh atau yang akrab disapa RHS ini mengatakan, Pemerintah Kabupaten Simalungun sangat mendukung terselenggaranya Danau Toba Rally 2021.

“Ini kebanggan untuk kami. Danau Toba Rally 2021, satu sarana memperkenalkan potensi kebudayaan, khususnya pariwisata di kawasan Danau Toba maupun Kabupaten Simalungun,” kata RHS.

Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah foto bersama dengan Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, dalam acara Danau Toba Rally 2021, Jumat (10/12/2021).

Baca250 Pesepeda Ikuti Event Goibar 2019 di Kebun Teh Sidamanik

BacaNgegas Dengan Atmosfer Kompetisi, Jonatan Tarigan Apresiasi Latihan Bersama Motocross Binjai

Dia berharap, reli nasional itu terus berkelanjutan sehingga nantinya dari terselenggaranya kegiatan tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Simalungun.

“Harapan kami kepada peserta agar bisa mempromosikan dan menggaungkan pariwisata di Kabupaten Simalungun,” kata RHS.

Halaman Selanjutnya >>>

Asia Pacific Rally Championship yang Tertunda

Halaman Sebelumnya <<<

Asia Pacific Rally Championship yang Tertunda

Danau Toba Rally 2021 secara resmi dibuka oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah. Dalam sambutannya, Ijeck menyampaikan bahwa menggelar Danau Toba Rally 2021, tidak mudah dan tidak murah, perlu biaya dan tenaga.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Toba Pulp Lestari atas dukungan sehingga Danau Toba Rally 2021 terselenggara,” ucapnya.

Ijeck mengungkapkan, Asia Pacific Rally Championship (APRC) 2021 seharusnya digelar di Aek Nauli dan Gorbus, kawasan Hutan Tanaman Industri (HTI) Toba Pulp & Paper, Kabupaten Simalungun. Namun, karena pandemi even bergengsi itu batal digelar.

Menurut Ijeck, reli tidak semata-mata untuk melepas hobi, tapi diharapkan dampak dari kegiatan itu bagi pariwisata di Danau Toba, yang merupakan kawasan super prioritas yang dicanangkan Presiden RI.

“Kita harus mendukung dan meramaikan Danau Toba ini. Salah satunya dengan even reli. Harapan kita even ini tidak berhenti hanya di kejuaraan nasional, namun internasional,” imbuh Ijeck.

Pereli memacu mobil saat berlangsungnya Danau Toba Rally 2021 di kawasan Hutan Tanaman Industri Aek Nauli PT TPL, Kabupaten Simalungun, Sabtu (11/12/2021).

BacaUnggul 41 Poin, Marquez: Kami Tetap akan Menyerang

BacaPeringkat Merosot di PON Papua, Baskami Ginting: Saatnya Benahi Olahraga Sumut

Tampak hadir, Komisaris Utama PT TPL Ignatius Ari Joko Purnomo, Ketua IMI Sumatera Utara Harun Mustafa Nasution, Direktur Utama PT Bank Sumut Rahmat Fadilla Pohan, dan Ketua DPRD DKI Jakarta sekaligus pereli Prasetyo Edi Marsudi.

Halaman Sebelumnya <<<

Exit mobile version