Panas! Marquez Diusir Yamaha saat Hendak Minta Maaf

Share this:
Insiden antara Rossi dan Marquez.

ARGENTINA, BENTENGTIMES.com – Permintaan maaf pembalap Honda Repsol Marc Marquez ditolak kru Yamaha Movistar. Marquez diusir dari garasi Yamaha saat hendak meminta maaf kepada Valentino Rossi atas insiden yang membuat Rossi terjatuh di Grand Prix Argentina, Senin (9/4/2018) dinihari WIB.

“Jangan datang ke sini setelah apa yang telah Anda lakukan. Pergi. Anda telah membuat kami kehilangan Piala Dunia,” kata seorang kru, Uccio Salucci kepada Marc, dilansir Marca, Senin (9/4/2018).

Marquez pun seketika pergi dari kerumunan yang menyaksikannya saat diusir. Terjatuhnya Rossi di lap 13 dianggap lantaran permainan agresif Marquez. Rossi dianggap tidak diberi ruang untuk menyalip.

Marquez diberi penalti 30 detik dan diputuskan finis ke-18 oleh dewan MotoGp, sementara Rossi ke-19. Sebelumnya Marquez mengaku sebenarnya sudah menghindari kontak dengan Rossi.

Pada race itu, sejak awal balapan sudah diwarnai drama dan kontroversi. Misalnya, sebelum start dimulai, race director sempat menunda balapan selama beberapa saat karena masalah keamanan.

Balapan pun kembali tertunda setelah hampir seluruh pebalap mengganti ban mereka ke tipe slickpada saat-saat terakhir sebelum race dimulai. Hanya Jack Miller (Pramac Racing) yang tidak melakukannya karena membuat keputusan yang tepat.

Mengacu pada regulasi kejuaraan, para pebalap yang meninggalkan grid harus start dari posisi paling belakang. Alhasil, baris terdepan hanya diisi oleh Miller, sementara pebalap lainnya berada empat baris di belakangnya.

Drama kembali berlanjut beberapa saat sebelum pebalap melakukan start. Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengalami mogok seusai pemanasan dan mendapat instruksi untuk start dari dari pitlane. Namun, Marquez tidak mematuhi peraturan tersebut dan memaksa start bersama pebalap lainnya.

Petaka langsung dialami oleh Dani Pedrosa (Repsol Honda) pada lap pertama. Johann Zarco (Yamaha Tech3) yang mencoba menyalip dari sisi dalam memaksa Pedrosa sedikit melebar sehinga terjatuh dari motor saat mencoba kembali ke posisinya.

Pada lap ke-6 Marquez terpaksa masuk ke pitlane karena mendapat penalti akibat tindakannya sebelum start. Marquez yang awalnya memimpin balapan harus rela turun ke posisi ke-20. Namun, pebalap Spanyol tersebut bergerak cepat untuk memperbaiki posisinya.

Drama kembali terjadi pada lap ke-20 ketika Marc Marquez menabrak Valentino Rossi (Movistar Yamaha) untuk merebut posisi keenam. Marquez yang mencoba menyalip Rossi dari sisi dalam tikungan 13, justru melebar sehingga mendorong Rossi keluar dari trek.

Valentino Rossi terjatuh dari motornya. Dia pun harus kembali memulai perjuangannya dari posisi ke-19 dan tertahan di posisi tersebut hingga finis.

Dan, pada akhirnya Cal Crutchlow yang memenangi laga. Pebalap tim satelit Honda tersebut mampu mengatasi perlawanan sengit dari Johann Zarco hingga tikungan terakhir sebelum garis finis.

Johann Zarco harus puas dengan posisi runner-up pada balapan GP Argentina dan diikuti oleh Alex Rins serta Jack Miller. Sementara Marc Marquez yang mendapat penalti harus rela posisinya melorot dari urutan ke-5 menjadi urutan ke-18

Share this: