Pengukuhan PC FSPKSI Sekaligus Penyerahan 503 Kartu BPJS Ketenagakerjaan

Share this:
BMG-ERIANTO PERANGIN-ANGIN
Sekretaris PC KSPSI Kab Karo membacakan SK FSPKSI.

KARO, BENTENGTIMES.com – Pengukuhan dan penyerahan Surat Keputusan (SK) Pengurus Cabang Federasi Serikat Pekerja Kependidikan Seluruh Indonesia (PC FSPKSI)-Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (K SPSI) Kabupaten Karo dibarengi dengan penyerahan 503 kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada seluruh pengurus dan PUK FSPKSI yang dikukuhkan di Kantor K SPSI di Jalan Desa Singa, Kabanjahe, Jumat (13/11/2020) pukul 15.00 WIB.

FSPKSI Karo tersebut di-SK-kan langsung oleh PC K SPSI Karo yang ditandatangani Ketua Gembira Ginting dan Sekretaris Bistok Situmorang SE dengan nomor SK: Kep.13/ORG/PC- KSPSI/XI/2020 tertanggal 11 November 2020.

BACA: Aksi Sosial di Tengah Pandemi, K-SPSI Gunungsitoli Bagi Sembako Kepada Buruh

Adapun nama kepengurusan PC FSPKSI Karo yang di kukuhkan, yakni Ketua Hariaty br Tarigan, Wakil Ketua Historia Perbesi, Sekretaris Maya Sari br Perangin-angin, Wakil Sekretaris Lukman Sembiring, Bendahara Lestari br Barus.

PC FSPKSI terdiri dari 11 PUK (Pimpinan Unit Kerja) yang sudah terbentuk di Karo, yakni PUK Kecamatan Tigabinanga, Merdeka, Simpang Empat, Tiganderket, Kabanjahe, Merek, Dolat Rayat, Munthe, Berastagi, Tigapanah dan Kecamatan Juhar.

Sebelum penyerahan SK dan 503 kartu BPJS Ketenagakerjaan, Sekjend K SPSI Karo Bistok Situmorang membacakan Surat Keputusan dan menyampaikan selamat bergabung di KSPSI kepada Federasi SPKSI.

“Jagalah marwah organisasi ini dengan mencerdaskan peserta didik. Setahu saya FSPKSI di Sumut ini baru Kabupaten Karo yang terbentuk, maka berilah contoh yang baik agar Kabupaten Karo menjadi acuan di provinsi ini,” ucapnya.

Usai menyerahkan SK, Ketua K SPSI Gembira Ginting mengatakan bahwa SPSI ini merupakan organisasi profesi dan mengacu kepada Undang-Undang Tenaga Kerja. Dan, KSPSI menaungi beberapa federasi, salah satunya FSPKSI ini.

“Maka, harapan kami terwujudnya PUK yang professional, mandiri dan bertanggung jawab. Mewujudkan organisasi yang bersih dan bermartabat guna terciptanya hubungan industrial yang harmonis serta meningkatkan kesejahteraan pekerja dengan cara mengadakan program-program pendidikan guna mensejahterakan pengurus dan anggotanya,” ujarnya kepada PUK dan Pengurus PC yang dikukuhkan.

Beberapa hal peran dan fungsi yang perlu diketahui dibentuknya FSPKSI, yakni sebagai pembela dan pelindung hak-hak kepentingan serta penyaluran aspirasi serikat pekerja/anggota (pekerja pendidik dan kependidikan swasta), pendorong dan penggerak peran serta serikat pekerja pendidik dan kependidikan swasta, wadah peningkatan profesional serikat pekerja/anggota dan melaksanakan hubungan industrial.

“Juga sebagai wadah pembina kader-kader bangsa yang menunjang pembangunan nasional secara profesional, disiplin produktif dan berwawasan berkebangsaan, mitra yang aktif dalam pengambilan keputusan politik, kependidikan serta pelaksana kontrol sosial. Kiranya beberapa hal ini bisa diterapkan pengurus yang dikukuhkan ke depannya,” harap Ketua K SPSI.

Sementara Ketua PC FSPKSI didampingi pengurus lainnya menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada mereka. “Kepada seluruh pengurus PC dan PUK di setiap kecematan yang sudah terbentuk, yang tergolong di dalamnya para pengajar SD dan SMP yang rata-rata tenaga pengajar honorer, maka harapan kami marilah kita bersama-sama berjuang untuk kesejahteraan kita para pendidik (guru) honorer, khususnya. Mengingat salah satu permasalahan di pekerjaan kita saat ini yaitu honor yang kita terima dari dana BOS dan tambahan dari APBD masih sangat jauh di bawah UMK (Upah Minimum Kabupaten), sebesar Rp3.070.354. Sementara total honor yang kita terima paling tinggi hanya sebesar Rp800 ribu, bahkan ada yang hanya menerima Rp300 ribu per bulan,” ujar Hariaty.

BACA: Tidak Demo, Ini yang Dilakukan PC F SPTI-K SPSI Karo Pada Peringatan Hari Buruh

Sekretaris PC FSPKSI terpilih Maya Sari br Perangin-angin juga menyampaikan terima kasih kepada SPSI Karo yang telah membantu untuk mengeluarkan 503 kartu BPJS Ketenagakerjaan sesuai dengan jumlah seluruh anggota PC Federasi dan seluruh PUK yang telah terbentuk.

“Untuk ke depannya, kami berharap agar KSPSI tetap mendukung dan membina kami dalam program-program yang lain,” pintanya.

Turut hadir dalam acara pengukuhan tersebut pengurus DPD IPK Karo, Direktur LBH DPD IPK Karo, Avd LBH IPK, pengurus F SPTI Karo, Satgas Inti DPD IPK Karo dan Satma IPK Karo.

Share this: