Pemdes Sihareo Sogaeadu Salurkan BLT Dana Desa kepada 113 KK

Share this:
BMG-ADI LAOLI
Kepala Desa Sihareo Sogaeadu Dermawan Waruwu SE dan lainnya secara simbolis menyerah BLT Dana Desa kepada keluarga penerima manfaat.

NIAS, BENTENGTIMES.com – Sebanyak 113 Kepala Keluarga (KK) warga Desa Sihareo Sogaeadu, Kecamatan Sogaeadu, Kabupaten Nias, menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa. Bantuan ini diberikan kepada keluarga kurang mampu terdampak Covid-19, yang diserahkan Kepala Desa Sihareo Sogaeadu bersama Camat Sogaeadu di Balai Pertemuan Desa Sihareo Sogaeadu, Senin (1/6/2020).

Kepala Desa Sihareo Sogaeadu Dermawan Waruwu SE melaporkan, total BLT Dana Desa tahap pertama sebesar Rp67,8 juta, yang disalurkan kepada 113 KK dengan nilai sebesar Rp600 ribu per KK.

BACA: 1.802 KK Warga Kurang Mampu dan 504 Rohaniawan di Kabupaten Nias Dapat Bantuan

“Minggu lalu kita dikabari dari Dinas PMD Kabupaten Nias bahwa Dana Desa tahun anggaran 2020 sebesar 15 persen telah masuk ke rekening desa, sehingga penyaluran BLT baru kita laksanakan pada hari ini,” ujar Dermawan.

Dermawan menjelaskan bahwa informasi awal penyaluran BLT Dana Desa berdasarkan Surat Edaran Menteri Desa dan Bupati Nias dilakukan secara non tunai dan langsung 3 bulan sekaligus. Sehingga waktu itu pihaknya langsung menginformasikan kepada warga penerima manfaat untuk membuka rekening.

“Namun tidak lama setelah itu datang lagi surat berikutnya, yakni dari Dirjend Kemendes dan disusul surat Bapak Bupati Nias yang mengatakan BLT Dana Desa bisa disalurkan dengan tunai, dan secara bertahap,” terangnya.

“Oleh karena itu, masyarakat harus memahami ini bahwa penyaluran BLT ini bukan kebijakan pemerintah desa. Kita di desa hanya mengikuti petunjuk dari kementerian,” katanya.

Pada kesempatan ini, Dermawan juga mengucapkan terima kasih kepada unsur Forkopimda yang telah hadir menyaksikan penyaluran BLT. “Kami juga berterima kasih atas kerja sama yang baik dari keluarga penerima manfaat yang telah memberikan data dan seluruh warga Desa Sihareo Sogaeadu dan kepada tim yang sudah bekerja keras, sehingga kegiatan penyaluran BLT ini dapat terlaksana dengan baik,” ucapnya.

Camat Sogaeadu Fatolosa Laoli SPdK dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kecamatan Sogaeadu terdiri dari 11 desa, sebanyak 1.500 KK penerima bantuan sosial terdampak covid-19

“Kegiatan yang kita laksanakan pada hari ini adalah pembagian BLT yang dananya bersumber dari Dana Desa. Ini tahap pertama, untuk tahap ke-2 dan ke-3 nanti akan menyusul di bulan berikutnya,” ujar Fatolosa.

Camat menjelaskan, selain BLT Dana Desa yang diterima masyarakat akibat dampak Covid-19, masih ada bantuan lainnya, di antaranya Program Keluarga harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) senilai Rp200 ribu dan Bantuan Sosial Tunai (BST) senilai Rp600 ribu per KK setiap bulan selama bulan April, Mei, Juni 2020, dan itu merupakan bantuan dari pusat.

Sedangankan bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) berasal dari Pemerintah Kabupaten Nias dan Pemerintah Provinsi Sumut dalam bentuk paket sembako senilai Rp225 ribu. “Penyaluran BST ini melalui kantor pos. Penerima bantuan ini tidak termasuk penerima PKH dan BPNT,” terangnya.

Camat berpesan agar bantuan tersebut dipergunakan tepat sasaran, terutama untuk keperluan rumah tangga. Ia juga berpesan untuk tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19 dengan rajin mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak.

BACA: Gugus Tugas Kabupaten Nias Salurkan Bantuan Sosial Provinsi Sumut

“Masyarakat jangan menjadi lalai setelah kelonggaran penerapan PSBB, mari jaga diri dengan tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19,” pesannya.

Pantauan di lokasi, turut hadir Camat Sogaeadu Fatolosa Laoli SPdK, Danramil 02 Gido Kodim 0213 Nias Kapten Inf Y Nazara, mewakili Kapolsek Gido, Sekcam Sogaeadu, Dermawan Waruwu SE, BPD, Perangkat desa dan keluarga penerima manfaat.

Share this: