Benteng Times

Cegah Corona, Gubsu Edy Perintahkan Sekolah Libur, Karpet Masjid Dibuka

Gubsu Edy Rahmayadi, didampingi Wagubsu Musa Rajekshah dan plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution memimpin rapat penanggulangan Covid-19, Senin (16/3/2020).

MEDAN, BENTENGTIMES.com– Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi memerintahkan agar seluruh sekolah di Sumatera Utara diliburkan. Langkah ini demi mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19). Meski demikian, Edy meminta pelajar tidak ke luar rumah selama libur sekolah.

“Tadi, saya sudah sampaikan mulai hari ini libur. Kalau libur di rumah saja,” ujar Edy Rahmayadi, saat bicara di hadapan jajarannya dalam rapat membahas masalah kesehatan di Kantor Gubernur Sumut, di Medan, Selasa (17/3/2020).

Dengan demikian, seluruh sekolah tingkat SMA maupun SMK di Sumatera Utara diliburkan selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 17 Maret 2020. Namun, ia menginstruksikan Ujian Nasional (UN) tetap berjalan dan dilakukan penjagaan ketat.

Selain itu, ia meminta seluruh masjid membuka karpet. Warga yang beragama Islam diimbau membawa alas sendiri saat salat berjemaah di masjid.

“Karpet-karpet sementara dibuka. Biarkan saja di semen. Nanti dipel. Pakai sajadah masing-masing,” pintanya.

Sehari sebelumnya, Edy Rahmayadi belum memutuskan meliburkan sekolah dengan alasan belum ada kasus orang positif Corona di Sumatera Utara. Meski demikian, sejumlah kabupaten di Sumut sudah lebih dulu meliburkan sekolah demi mencegah penyebaran virus Corona.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Edy juga menunda event Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) atau Sumut Fair demi mencegah penyebaran Corona. Ia juga meminta sejumlah lokasi wisata di Sumut ditutup sementara.

Exit mobile version