Pesantren Kilat SD Miss Assalam Lau Baleng: Pendidikan Akhlak, Kompetensi dan Literasi

Share this:
BMG-PELITA MONALD GINTING
Acara Pesantren Kilat Ramadan SD Miss Assalam Lau Baleng di Desa Lau Baleng.

KARO, BENTENGTIMES.com – Mengisi bulan Ramadan ini, Sekolah Dasar Miss Assalam yang dihadiri siswa kelas 3, 4 dan 5, guru serta guru dari Medan menggelar pesantren kilat. Adapun tema acara tersebut adalah “Proyeksi abad ke-21”.

Acara yang dibuka oleh Kepala SD Miss Assalam Julfikar Surbakti tersebut berlangsung mulai Sabtu (25/5/2019) hingga Senin (27/5/2019).

BACA: Tetap Sehat di Bulan Ramadan, Ini 3 Jenis Olahraga yang Tepat saat Berpuasa

Julfikar menyampaikan, di bulan penuh berkat ini, mereka sengaja melakukan kegiatan yang positif yang bertujuan memberi pendidikan akhlak/karakter, kompetensi, literasi dan keterbukaan kepada seluruh anak didik, khusunya siswa kelas 3,4 dan 5.

Dikatakan, pembentukan akhlak harus ditanamkan sejak dini untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT serta menanamkan rasa cinta terhadap tanah air, bangsa dan negara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

“Karakter kinerja menanamkan sifat semangat tangguh dan tidak mudah menyerah bila mengalami kegagalan. Itu yang kita bina kepada peserta anak didik untuk menjadi bekal mereka untuk melanjutkan pendidikan kelak ke yang lebih tinggi,” kata Julfikar.

Sedangkan pendidikan kompetensi untuk menanamkan kemampuan kritis, kreatif, komunikatif dan keterampilan kolaborasi atau kemampuan bekerja sama sebagai satu tim sejak dini.

BACA: Bahagianya Warga Lau Dendang atas Kehadiran Djarot di Hiburan Rakyat Sambut Ramadan

Di tambah pendidikan literasi untuk menanamkan kemampuan dan kesukaan membaca, pendidikan literasi teknologi agar anak didik tidak gaptek dan tidak menjadi korban teknologi, juga kemampuan memahami budaya sebagai modal bermasyarakat dan sejak dini juga diperkenalkan melek ekonomi sebagai bekal kemandirian.

Sementara, Ramli Aziz, salah seorang pengajar SD Miss Assalam menabahkan bahwa bentuk kegiatan pesantren kilat diisi dengan play game, belajar mengajar, diskusi bersama, sholat berjamah, sahur bersama, buka bersama, senam, kultum dan belajar baca Al-Quran yang berlangsung selama tiga hari tiga malam.

“Kami atas nama pihak sekolah dan kaum Muslim Desa Lau Baleng mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa dan terima kasih tak terhingga kepada orangtua kami Salma Ginting selaku pembina yayasan, Serta Ginting dan keluarga besar KAMKA (Keluarga Muslim Karo) dan semua pihak yang telah ikut membantu terlaksananya kegiatan ini. Mejuah-juah, sehat kita krina. Amin,” tutup Aziz.

Share this: