Orang Pintar Pakai JKN-KIS, Begini Alasannya…

Share this:
BMG-PELITA MONALD GINTING
Putri Rahmina, salah satu peserta JKN-KIS.

KARO, BENTENGTIMES.com – Putri Rahmina (29), seorang ibu rumah tangga ini mengaku sudah sangat akrab dengan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Hampir semua manfaat dari program ini telah ia rasakan. Mulai dari pengambilan kacamata hingga proses persalinan putri pertamanya, ia tetap mengandalkan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

BACA: Bahagianya Peserta JKN-KIS Saat Dikunjungi Duta BPJS di Rumah

“Udah banyak banget loh aku dibantu sama Program JKN-KIS. Sejak BPJS Kesehatan berganti dari Askes pada tahun 2014, aku sudah mulai mencari tahu apa-apa saja manfaat yang disediakan oleh program ini. Dan, ternyata cukup banyak. Jadi aku udah pernah ambil kacamata, scaling gigi, hingga proses persalinan putriku, semuanya pakai KIS,” papar wanita kelahiran Aceh ini.

Menurut Ami, sapaan akrabnya, menjadi ibu rumah tangga itu harus pintar. Di tengah kebutuhan keluarganya yang terus bertambah, ia harus jeli mengatur keuangan keluarga.

“Menjadi peserta Program JKN-KIS adalah kewajiban setiap masyarakat Indonesia. Jadi, sayang sekali apabila tidak dimanfaatkan. Terus terang saja, aku sangat terbantu dengan adanya program ini. Yang tadinya aku harus ngeluarin biaya untuk kacamata, berobat dan lain-lain, sekarang alhamdulillah semuanya gratis. Namun tentu saja harus sesuai prosedur,” ujarnya.

BACA: Syukur Luar Biasa Bagi Pulungan Simatupang Terdaftar Sebagai Peserta JKN-KIS

Dengan iuran yang wajib dibayar setiap bulan, Ami tidak merasa keberatan, sebab ia mengibaratkan itu seperti tabungan.

“Bila suatu saat kita sakit, maka tabungan itu yang membantu kita. Pun bila tidak, maka tabungan itu menjadi tabungan pahala di akhirat,” ujarnya.

“Aku sudah merasakan hal ini ketika ibuku menjalani operasi pengangkatan kista pada akhir 2016 lalu. Alhamdulillah, waktu itu beliau sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS sehingga aku tidak pusing memikirkan biaya pengobatannya dan bisa fokus merawat beliau,” tutur Ami.

Share this: