Syukur Luar Biasa Bagi Pulungan Simatupang Terdaftar Sebagai Peserta JKN-KIS

Share this:
BMG-PELITA MONALD GINTING
Pulungan Simatupang saat ditemui di lapak dagangannya.

KARO, BENTENGTIMES.com – Konsep saling membantu yang tertanam pada program BPJS Kesehatan begitu besar manfaatnya bagi maswarga. Seperti yang dirasakan oleh Pulungan Simatupang (50), seorang penjual alat rumah tangga di Pasar Kabanjahe, Kabupaten Karo. Niatnya untuk membantu sesama melalui program JKN-KIS berbalas manis ketika dirinya terkena penyakit jantung di permulaan tahun 2018 lalu.

“Saya dan keluarga sudah mendaftar menjadi peserta JKN-KIS sejak awal BPJS Kesehatan ada. Dari awal memang berniat untuk membantu saudara-saudara kita yang sedang sakit,” ujar Pulungan.

BACA: Bahagianya Peserta JKN-KIS Saat Dikunjungi Duta BPJS di Rumah

Dia tidak enggan menyisihkan sebagian penghasilannya setiap bulan untuk membayar iuran 7 orang anggota keluarganya. Padahal usaha warung Pulungan tidak selalu ramai. Ia tetap memproritaskan membayar iuran di saat kebutuhan keluarganya yang lain juga banyak.

Keikhalasan Pulungan membantu sesama akhirnya terbalaskan. Dia akhirnya dapat merasakan dibantu oleh peserta JKN-KIS yang lain ketika dirinya harus menjalani operasi pemasangan ring di Rumah Sakit Murni Teguh Medan.

Pulungan sadar biaya pengobatan penyakit jantung tidaklah murah. Oleh karena itu ia sangat bersyukur telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS sejak lama. Operasi pun berjalan lancar dan tanpa biaya.

“Terkadang, sakit itu datang tanpa aba-aba. Jadi, jika tidak ada persiapan, sudah pasti keluarga kita yang akan menanggung susahnya. Puji Tuhan, berkat JKN-KIS ini, keluarga saya tidak perlu merasakan hal itu. Segala biaya berobat saya telah ditanggung oleh program yang sangat mulia ini (Program JKN-KIS),” tutur ayah 5 anak ini.

Pulungan sangat berterima kasih kepada seluruh peserta JKN-KIS yang telah bergotong royong membantu sesama dengan membayar iuran secara rutin. Ia pun berharap agar ia dan keluarganya selalu sehat sehingga dapat terus berkontribusi dalam Program JKN-KIS.

BACA: Manfaat JKN-KIS Bagi Rosna br Karo, Selain Jaminan Kesehatan di Kala Sakit, Juga Pahala

“Kalau mau dihitung, rasanya iuran yang selama ini saya bayarkan belum dapat menutupi biaya pengobatan jantung saya. Terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah berkontribusi dalam Program JKN-KIS ini. Semoga saya sekeluarga selalu sehat sehingga kami dapat terus ikut andil dalam membantu peserta lain yang sedang membutuhkan pertolongan,” pungkasnya.

Share this: