8 Ribu Pelamar CPNS di Sumut Sudah Diverifikasi

Share this:
BMG
Ilustrasi pendaftaran CPNS di Kementerian Kelautan, belum lama ini.

Menurut Ridwan, jumlah ini akan terus bertambah, karena proses verifikasi dan pemeriksaan hasil tes akan berjalan sampai hari Minggu (21/10/2018).

Ridwan menyebutkan, SKD akan digelar di sekitar 225 titik di seluruh Indonesia mulai 27 Oktober hingga 7 November 2018.

SKD CPNS tahun 2018 terdiri atas Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Nilai ambang batas tersebut, yakni 143 untuk TKP, 80 untuk TIU, dan 75 untuk TWK. Jumlah soal yang akan diujikan adalah 100 butir, terdiri dari 35 soal TKP, 30 soal TIU, dan 35 soal TWK.

“Apakah soalnya berbeda? Tidak. Soalnya berasal dari database yang sama. Penerimaan soal diacak,” ungkap Ridwan.

(Baca: Lowongan CPNS 2018, Profesi Ini Prioritas)

(Baca: Janji Jokowi Dibuktikan, Bonus Atlet Diserahkan Sebelum Asian Games Ditutup)

Pada kesempatan itu, Ridwan meminta kementerian/lembaga/daerah agar jangan terlalu mudah membuat pelamar CPNS tidak memenuhi syarat (TMS).

“BKN menyarankan kesalahan nama, alamat, gelar itu supaya tidak gampang menjadikan pelamar TMS (tidak memenuhi syarat). Loloskan saja lah,” pinta Ridwan.

Terkait kesalahan nama, alamat, dan gelar masih bisa diperbaiki ketika pemberkasan saat pelamar dinyatakan lolos seluruh seleksi. Meskipun, sebelum melakukan pendaftaran, pelamar memang telah diwanti-wanti untuk teliti saat mengisikan data diri mereka. Dalam situs SSCN juga telah disebutkan, pelamar tidak dapat mengubah data yang telah masuk ke sistem.

(Baca: Pertamina Buka Lowongan Kerja, Daftar Secara Online)

(Baca: Hotman Paris Ditemui PNS Sergai, Laporkan Bansos Dipakai Bayar Uang Ketok Palu DPRD)

Seperti diketahui, pendaftaran online CPNS 2018 telah ditutup pada Senin (15/10/2018). Pendaftaran kali ini dilaksanakan secara nasional melalui situs resmi dari BKN. Pemerintah membuka sebanyak 238.015 formasi untuk CPNS.

Share this: