Bursa Inovasi Desa di Nias Utara: Datang, Komit, Tiru, Maju 

Share this:
EDWARD LAHAGU-BMG
Bupati Nias Utara Marselinus Ingati Nazara bersama Ketua DPRD, Anggota DPR RI Jhonny Allen Marbun, dalam Acara Sosialisasi Bursa Inovasi Desa, bertempat di Aula Kantor Bupati Nias Utara, Jumat (12/10/2018).

NIAS UTARA, BENTENGTIMES.com– Untuk pertama kalinya, Pemkab Nias Utara mensosialisasikan Bursa Inovasi Desa, Jumat (12/10/2018). Lewat program inovasi desa tersebut, pemerintah berharap ekonomi maju dan kesejahteraan masyarakat lebih baik.

Bupati Nias Utara Marselinus Ingati Nazara mengatakan, Bursa Inovasi Desa merupakan pameran dan pembaharuan peningkatan pembangunan desa untuk membagi pengetahuan serta melakukan adaptasi di masing-masing desa. Kegiatan yang mengambil tagline datang, komit, tiru, maju, ini bertujuan mendorong masyarakat dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) masyarakat di tingkat perdesaan.

Ketua DPRD Nias Utara Hiskia Harefa menyambut baik kegiatan Bursa Inovasi Desa tersebut. Ia berpesan agar masyarakat jangan menyiayiakan kegiatan tersebut untuk terciptanya kesejahteraan masyarakat desa

“Kepada masyarakat saya berharap agar sungguh-sungguh mengikuti ini untuk peningkatan taraf kehidupan masyarakat menjadi baik,” tutur Hiskia, pada saat memberikan sambutan yang digelar di Aula Kantor Bupati Nias Utara tersebut.

Hadir dalam acara itu, Jhonny Allen Marbun, Wakil Ketua Komisi V DPR RI dan Konsultan Wilayah I Sumatra Utara Erwin Lubis. Jhonny Allen menerangkan, kehadirannya di Nias Utara untuk tugas negara demi membangun dan memperhatikan desa tertinggal di daerah Kabupaten Nias Utara.

“Saya mau katakan, Nias Utara adalah daerah mitra kerja saya dan kewajiban saya untuk memperjuangkan dan mendorong pembangunan di daerah ini,” kata politikus pengganti antar waktu Rooslynda Marpaung ini.

Turut hadir dalam acara itu, sejumlah Anggota DPRD Nias Utara, para pimpinan SKPD (satuan kerja perangkat daerah), camat, dan para kepala desa.

Untuk diketahui bahwa bursa inovasi desa merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa di lingkup kabupaten. Bursa Inovasi ini merupakan bagian tak terpisahkan dari model pengelolaan inovasi di tingkat kabupaten.

(Baca: Ditemui Ketua DPRD Nias Utara, Masyarakat Minta Perahu, Bibit Padi dan Air Bersih)

(Baca: Sah, Hiskia Harefa Menjabat Ketua DPRD Nias Utara)

Adapun maksud pelaksanaan bursa inovasi desa yaitu untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau altenatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan dan inovatif.

Share this: