Bukit Lingkar Danau Toba Terbakar

Share this:
Bukit lingkar Danau Toba di kawasan Haranggaol.

SIMALUNGUN, BENTENGTIMES.com – Puluhan hektare kawasan bukit lingkar Danau Toba di wilayah Kecamatan Haranggaol Horison, Kabupaten Simalungun, terbakar. Api membakar kawasan itu mulai Minggu (12/8/2018) sampai Senin (13/8/2018).

Informasi diperoleh dari masyarakat setempat, kebakaran itu merupakan peristiwa musiman saat kemarau melanda.

“Kebakaran ini sudah biasa terjadi ketika musim kemarau tiba. Tidak bisa dipastikan apakah bukit ini sengaja dibakar atau tidak. Tapi yang pasti, kebakaran musiman selalu terjadi setiap tahun,” kata salah seorang warga.

Apalagi saat ini hampir setiap hari angin berhembus kencang, menyebabkan api terus berkobar. Sebagian bukit pun tampak tak hijau lagi.

Kapolsek Purba AKP RA Turnip mengatakan, pihaknya langsung melakukan monitoring kebakaran itu. Disebutkan, api diduga berasal dari perladangan Siboro di Kecamatan Purba.

“Sampai saat ini, api masih menyala dikarenakan angin kencang dan tempat kebakaran sulit dijangkau, karena medan yang terjal,” jelasnya.

Sementara, Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I mendeteksi, saat ini terdapat delapan titik panas (hotspot) di Sumatera Utara. Hotspot tersebut berdasarkan hasil pantauan sensor MODIS (satelit Terra dan Aqua).

Kepala BBMKG Wilayah I Edison Kurniawan mengatakan, pantauan ke delapan titik panas tersebut dengan tingkat kepercayaan di atas 50%.

“Berdasarkan pantauan satelit Terra dan Aqua, peta sebaran titik panas di Sumut saat ini ada di delapan titik,” katanya.

Edison menyebutkan, delapan titik panas tersebut masing-masing satu titik berada di Kecamatan Tiga Panah, Kabupaten Karo, satu titik di Kecamatan Panei Hilir, Kabupaten Labuhanbatu, satu titik di Kecamatan Batang Lubu Sutam, Kabupaten Padang Lawas.

Share this: