Speedboat Rombongan TNI Sempat Hilang di Perairan Nias

Share this:
Kawasan perairan di Nias Selatan.

NIAS, BENTENGTIMES.com – Speedboat pengangkut anggota TNI dikabarkan hilang kontak di Perairan Teluk dalam, Kabupaten Nias Selatan. Namun, seluruh penumpang berhasil selamat setelah tim SAR melakukan evakuasi.

Kepala Kantor SAR Medan Budiawan menjelaskan, tidak diketahui speedboat berlayar menuju ke mana. Namun, speedboat tersebut mengangkut dua anggota TNI bersama seorang anak kecil dan dua awak kapal.

(BACA: Dua Nelayan Hilang saat Melaut)

“Kejadiannya Sabtu siang, 14 Juli 2018. Kami tadi pagi sudah melaksanakan operasi SAR gabungan, sekitar pukul 05.30 WIB dan kapal yang hilang sudah ketemu di Pulau Pini, dekat Nias, sekitar pukul 11.00 WIB,” ucap Budiawan, Minggu (15/7/2018).

Budiawan mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan personel untuk melakukan pencarian. Namun, speedboat sudah ditemukan. Kemudian, seluruh personel ditarik kembali

“Jadi, kita tadi juga mau menggerakkan kapal-kapal lain untuk membantu pencarian, kalau kapal belum ketemu. Tapi karena sudah ketemu, tidak jadi dikerahkan,” kata Budiawan.

Budiawan mengatakan, kronologi speedboat lost contact, berawal kapal tidak bisa dikendalikan disebabkan cuaca buruk berupa badai. Akibatnya, mesin kapal mati. Dengan posisi titik koordinat mendekati Pulau Pini, Kabupaten Nias Selatan.

Berdasarkan laporan itu Tim Basarnas langsung bergerak Minggu pagi sekitar pukul 05.30 WIB dan melakukan pencarian di sekitaran titik koordinat di Pulau Pini dan akhirnya sekitar pukul 11.00 WIB, kapal speedboat yang sempat lose contact tersebut ditemukan.

“Saat ini lagi proses evakuasi, mana tahu ada yang lecet-lecet, jadi masih ngobrol-ngobrol dulu dengan Tim SAR untuk selanjutnya dibawa pulang. Kondisi seluruh penumpang dan awak kapal sehat semuanya,” ucap Budiawan.

Share this: