Pilgubsu Usai, Pembentukan Provinsi Tapanuli Viral di Medsos

Share this:
Ilustrasi pemekaran daerah.

MEDAN, BENTENGTIMES.com – Pasca berakhirnya Pemilihan Gubernur Sumatera Utara 27 Juni 2018 lalu dan sejumlah lembaga quick count menyatakan kemenangan bagi pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah, kuat berhembus pembentukan Provinsi Tapanuli di media sosial.

Hal ini terlihat di sejumlah grup sosial Facebook Ikatan Anak Siantar (IKAN ASIN), Gabungan Anak Siantar (GAS), TAPUT OKEY, KABAR-KABARI HUMBAHAS, Grup Djarot-Sihar dan banyak grup Facebook lainnya.

Dari sejumlah komentar dan status di sejumlah grup yang dihimpun BENTENGTIMES.com, keinginan pembentukan Provinsi Tapanuli ini muncul karena terjadinya politik identitas yang dihembuskan pada Pilgubsu yang dinilai menjadi penyebab pasangan calon H Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus kalah.

Seperti yang ditulis pemilik akun Armanto Sardihot Gunner’s Sianturi yang menyebut bahwa semangat pemekaran Provinsi Tapanuli timbul agar Tapanuli bisa berkembang dan tidak dianaktirikan dan agar tak ada lagi kata-kata jangan pilih kafir pada perhelatan Pilgubsu.

Bahkan, pemilik akun Facebook Bonar Tobing memposting surat terbuka untuk Presiden Jokowi agar merealisasikan pembentukan Provinsi Tapanuli.

Dia membeberkan sejumlah alasan bahwa Provinsi Tapanuli layak dibentuk, baik dari alasan sejarah maupun potensi yang ada.

Share this: