Pangdam: TMMD bantu Pemda Tingkatkan Kesejahteraan

Share this:
Upacara bendera di Lapangan Korem 023/KS yang diikuti para kasi Korem 023/KS, para Danden dan Kepala Balak Aju/Rem, seluruh prajurit Korem 023/KS, perwira, bintara, tamtama dan PNS.

SIBOLGA, BENTENGTIMES.com – Seluruh anggota Makorem 023/KS dan Kabakak Aju/REM melaksanakan upacara bendera di Lapangan Korem 023/KS Jalan Datuk Itam Sibolga, Senin (9/4/2018), dimana kali ini penyelenggara adalah dari Satuan Denkesyah Sibolga.

Upacara bendera diikuti Kasrem 023/KS Letkol Inf I Gusti Ketut Artasuyasa Kabak, para kasi Korem 023/KS, para Danden dan Kepala Balak Aju/Rem, seluruh prajurit Korem 023/KS, perwira, bintara, tamtama dan PNS.

Dalam upacara tersebut, Kasiter Korem 023/Kawal Samudera Letkol Inf Nelson Rajagukguk membacakan amanat Pangdam Kodam I/BB Mayjen TNI Ibnu Triwidodo SIP.

Disampaikan, pada tanggal 4 April 2018 yang lalu telah dibuka TMMD ke-101 yang tersebar di beberapa tempat di wilayah Kodam I/Bukit Barisan. Kegiatan TMMD ini untuk membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
“Sasaran dari program TMMD tersebut yang meliputi sasaran fisik, yaitu pembangunan dan perbaikan berbagai jenis infrastruktur yang sangat berpengaruh dalam menopang kehidupan masyarakat di daerah tertinggal atau terpencil,” ujarnya.

Begitu juga program TMMD dengan sasaran non fisik yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan menumbuhkan kesadaran masyarakat yang berwawasan kebangsaan, sehingga masyarakat memiliki kesadaran yang tinggi tentang bela negara dan rasa cinta tanah air.

“Inilah bentuk pengabdian TNI AD dalam OMSP (Operasi Militer Selain Perang) guna menciptakan ketahanan wilayah di darat,” ujarnya.

Pangdam juga menekankan bahwa Danrem selaku penanggungjawab keberhasilan pelaksanaan kegiatan TMMD di wilayah masing-masing agar mengawasi secara cermat kemajuan hasil kegiatan dan mengadakan evaluasi setiap saat, sehingga sasaran yang telah ditetapkan baik sasaran fisik maupun non fisik dapat diselesaikan tepat waktu dan hasil yang dicapai benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Minggu yang lalu juga telah diselenggarakan kegiatan apel Dansat Kodam I/Bukit Barisan, bertempat di Rindam I/Bukit Barisan dan Aek Natolu. Hakekat penyelenggaraan kegiatan Apel Dansat tersebut adalah untuk menyamakan persepsi para komandan satuan tentang pokok-pokok kebijakan pimpinan TNI AD agar mampu mencapai sasaran yang telah ditetapkan, yaitu terwujudnya satuan yang siap operasional dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD,” ujar Pangdam.

Dijelaskan, Apel Dansat juga sebagai sarana untuk mengevaluasi kinerja para komandan satuan selama tahun anggaran 2017, sehingga dapat ditemukan solusi terhadap berbagai kendala dan permasalahan yang dihadapi satuan TNI selama ini di wilayah penugasannya, pembinaan satuan yang belum optimal dan masih perlu peningkatan untuk masa yang akan datang.

“Esensi yang dapat kita peroleh dalam pelaksanaan Apel Dansat tersebut adalah karakter kepemimpinan yang belum sepenuhnya efektif dan berpengaruh terhadap keberhasilan pembinaan satuan. Pada saat ini unsur pemimpin di masing-masing satuan harus tegas dalam menerapkan prinsip kepemimpinan, namun tetap luwes dalam bersikap atau bertindak dan bijak dalam mengambil suatu keputusan,” ujar Pangdam.

“Para komandan satuan agar mengimplementasikan seluruh kebijakan yang sudah saya sampaikan, sehingga kinerja satuan dalam rangka pembinaan satuan dapat meningkatkan kemampuan prajurit yang profesional dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam I/Bukit Barisan.

Share this: